Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2020-11-19 17:52:39

Mangkrak, Bangunan Mal Poncol Pasuruan yang Rusak Rentan Ambrol

MEMBAHAYAKAN: Kondisi atap Mal Poncol yang rusak membuat PKL khawatir. Pedagang meminta pemkot segera memperbaiki bangunan tersebut.

PASURUAN, TADATODAYS.COM - Para PKL yang berjualan di sekitar Mal Poncol, Kota Pasuruan, perlu ekstra waspada. Pasalnya, bangunan yang mangkrak 4 tahun terakhir itu kini rusak di sejumlah sisi. Di antaranya asbes. Kerusakan ini membahayakan PKL maupun pejalan kaki.

Dari pantauan tadatodays.com bagian yang lapuk itu berada di sisi atas lantai dua. Tepatnya di sisi selatan bangunan. Tampak temboknya retak dan terkelupas. Belum lagi, langit-langit di bangunan yang berada di Jalan Kyai Wachid Hasyim, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Panggungrejo tersebut.

Baca Juga : Penyelidikan Kebakaran Pasar Karangketug, Dari Warkop atau Bengkel?

Diketahui Mal Poncol seringkali menjadi jujugan warga. Maklum, posisinya sangat strategis karena tepat berada di tengah kota. Bangunan itu juga dekat dengan alun-alun, Masjid Jami Al Anwar, dan komplek makam KH. Abdul Hamid.

Baca Juga : Pasca Kebakaran Pasar Karangketug, Ini Langkah yang Diambil Pemkot Pasuruan

Nurul Hidayati, 25, warga Kelurahan Kebonsari yang berjualan bakso itu mengaku khawatir dengan bangunan mal yang keropos. “Ya begini ini jadi takut, apalagi kalau hujan atapnya sampai jatuh,” katanya, Kamis (19/11/2020). Ia berharap, Mal Poncol segera diperbaiki.

Hal senada disampaikan Agus, 60, warga Jl. Jawa, Keluruhan Karanganyar yang memiliki kios rokok. “Kami harus waspada. APalagi pemkot tidak mengarahkan PKL ini mau kemana gitu," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) setempat, Kokoh Arie Hidayat mengungkapkan, sebetulnya revitalisasi bangunan mal tersebut akan dilakukan tahun ini. Namun, karenakan ada refocussing anggaran, maka ditunda 2021.

Soal bangunan yang keropos itu, Kokoh -sapaan akrabnya- akan berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) agar dicek kondisi bangunannya. "Masyarakat sementara ini agar berhati-hati terlebih dahulu, nanti kita koordinasikan dengan Disperindag, kalau bisa dilakukan pembenahan," ucapnya

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Pasuruan Dedi Tjahyo Poernomo menuturkan, pihaknya akan mengkonfirmasi hal itu pada Disperindag. Minimal dibenahi yang rusak agar tidak membahayakan.

Anggota DPRD Kota Pasuruan Helmi mengatakan, bukan hanya Mal Poncol, tapi Pasar Kebonagung kondisinya juga sama. DPRD sendiri menurutnya telah mengingatkan pemkot agar segera membenahi bangunan yang rusak tersebut. “Sudah kami ingatkan mulai 2019 dan 2020. Kalau sekarang kena refocussing tidak masuk akal,” katanya. (ang/sp)