Amelia Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2022-07-15 05:47:59

Masuk Top 5 Finalis JPRA 2022, Website Pemkot Probolinggo menuju Final

FINAL: Pranata Humas Ahli Muda Famy Decta Maulida dan Pranata Komputer Yoga Adetya memresentasikan website Pemkot Probolinggo di ajang Jatim Public Relations Awards (JPRA) 2022 gelaran Diskominfo Provinsi Jawa Timur.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Dinas Kominfo (Komunikasi dan Informatika) Kota Probolinggo meraih prestasi besar. Website yang dikelola Dinas Kominfo Kota Probolinggo berhasil melanggang ke final top 5 Jatim Public Relations Awards (JPRA) 2022 yang digelar Diskominfo Provinsi Jawa Timur.

Website yang masuk 5 besar JPRA 2022 wajib mengikuti tahapan presentasi. Selasa (12/7) sore, presentasi disampaikan perwakilan pengelola website Pemkot Probolinggo yaitu Pranata Humas Ahli Muda Famy Decta Maulida dan Pranata Komputer Yoga Adetya. Paparan berlangsung selama 10 menit, menjelaskan tentang menu dan keunggulan website probolinggokota.go.id.

Baca Juga : Temui Pihak Penyomasi, Pemkot Perlihatkan Dokumen

"Bersyukur website pemkot yang dikelola Diskominfo bisa masuk top 5 finalis dalam ajang JPRA 2022 ini. Karena kita tahu pesaingnya juga banyak, ada 38 kota/kabupaten di Jawa Timur ini,” kata Famy, Pranata Humas yang juga menjadi Sub Koordinator Humas ini.

Baca Juga : DPRD Kota Probolinggo Gelar Paripurna Bersama Pemkot Probolinggo, Tujuh Fraksi Sepakati Raperda LPP APBD 2021 Jadi Perda

Apa yang menjadi keunggulan dari website Pemkot Probolinggo, sehingga bisa lolos Top 5 Finalis JPRA?  Famy Decta mengatakan, keunggulan dari website Pemkot ini ialah mudah diakses oleh masyarakat. Selain itu  portal pemkot juga menjadi rujukan oleh media, sebagai bagian dari masyarakat.

Adapun nformasi yang disuguhkan dalam web Pemkot Probolinggo ini berupa Informasi utamanya tentang berita, seperti halnya informasi kegiatan pemerintah dan bentuk pertanggung jawaban program yang sudah ada.

"Beberapa media juga melihat rilis dari web kami kan. Jadi memudahkan temen-temen media juga. Di samping itu, pemkot ikut terbantu karena temen-temen media ikut memublikasikan berita pemkot," kata Famy.

Menjadi Top 5 Jatim Public Relation Award (JPRA) 2022 Kategori Website, juga diapresiasi oleh kepala Diskominfo Kota Probolinggo Pudjo Agung Satrio. Menurutnya, bisa masuk dalam Top 5 Jatim Finalis PJRA ini berkat bimbingan & arahan Bapak Walikota Probolinggo dan Ibu Sekda, Asisten & Staf Ahli serta dukungan aktif dr seluruh Kepala OPD.

Pujo memohon doa, agar apa yang diperjuangkan oleh Diskominfo ini bisa berbuah manis. Bisa sampai pada tahapan top 5 ini saja, menurut Pudjo, pihaknya sama sekali tidak menyangka. Sebab, di Jawa timur ada 38 kota/kabupaten yang juga turut serta dalam even bergensi ini. "Mohon doa restunya, bisa memberikan yang terbaik untuk Kota Probolinggo yang hebat dan handal," katanya. 

JPRA 2022 merupakan event penghargaan kepada humas pemerintah di Provinsi Jawa Timur yang pertama kali diadakan. Ajang ini juga sebagai tolok ukur kinerja humas pemerintah dalam perannya selama ini sebagai media dalam menyampaikan program, kebijakan, capaian, maupun prestasi organisasi kepada masyarakat dalam meningkatkan citra positif pemerintah.

Terdapat dua kategori yang dinilai dalam JPRA 2022, yaitu kategori media sosial dan kategori website. Selain Diskominfo Kota Probolinggo, empat daerah lain juga masuk dalam top 5 antara lain Diskominfo Surabaya, Diskominfo Kabupaten Gresik, Diskominfo Kota Malang dan Diskominfo Nganjuk. (mel/why)