Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-05-02 13:49:05

Masuk Zona Rawan Ricuh, Pilkades Kalibuntu Berjalan Aman

DEMOKRASI: TPS 01 di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo menjadi salah satu TPS pilkades. Ketua Panitia Pilkades kalibuntu Abu Yazid, memastikan bahwa pelaksanaan pilkades di desanya berjalan aman dan lancar.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM – Tahapan pemungutan hak suara dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Probolinggo 2021, berlangsung pada Minggu (2/5/2021). Salah satunya di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan. Meski Kalibuntu masuk dalam peta desa rawan konflik pilkades, namun hingga Minggu sekitar pukul 14.00 WIB berjalan aman.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia Pilkades Kalibuntu, Abu Yazid. Ia mengakui bahwa desanya dikategorikan zona merah rawan kisruh pilkades. Namun beruntung, pada pemilihan kali ini tidak ada kericuhan.

Baca Juga : Pemkab Probolinggo Menerapkan Prokes Ketat, Pelaksanaan Pilkades Serentak Lancar

Memang beberapa hari terakhir sebelum hari H, pihaknya mendengar isu-isu terjadinya permasalahan pilkades. Hanya saja pada saat pemilihan berlangsung, tidak ada satupun terjadinya permasalahan. "Kericuhan sedikit itu biasa, aman kok," katanya pada tadatodays.com, saat ditemui di TPS 01.

Baca Juga : Pemkab Probolinggo Terapkan Prokes Ketat, Pelaksanaan Pilkades Serentak Lancar

Yazid berharap, keamanan di desa yang jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) nya lebih dari 5 ribu orang ini tetap terjaga hingga selesai. Sehingga dapat menjadi percontohan desa yang kondusif, aman dan damai.

Harapan yang sama disampaikan oleh Halima, warga setempat yang juga masuk dalam DPT. Ia mengatakan, siapapun nanti yang terpilih menjadi kepala desa, semoga amanah. Sedangkan bagi calon yang tidak terpilih di harapkan bersabar, dan tidak sampai ada perasaan dendam. "Semua demi Desa Kalibuntu," ujarnya.

Diketahui, proses pemungutan suara di Desa Kalibuntu dimulai pada pukul 07.00 WIB. Untuk masyarakat yang ingin menggunakan  hak suaranya, hanya dibatasi sampai pukul 12.00 WIB. Sedangkan penghitungannya dimulai pada pukul 13.00 WIB sampai selesai. (zr/ don)