Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-23 17:57:30

Medali Perak Pecatur Ervan, Contoh bagi Atlet Lain

PERAK: Pecatur klasik asal Kabupaten Probolinggo Mohammad Ervan yang berhasil menyumbang medali perak untuk Indonesia dalam SEA Games 2021. (foto: istimewa)

PROBOLINGGO, TADATODSYS.COM - Atlet catur klasik asal Kabupaten Probolinggo Mohammad Ervan berhasil menyumbang medali perak untuk Indonesia dalam ajang SEA Games 2021 di Vietnam. Ia mengakhiri kompetisi itu dengan hasil remis saat bermain lawan pecatur tuan rumah, yaitu Grand Master (GM) Tran Tuan Minh, Minggu (15/5/2022).

Secara keseluruhan, Ervan yang bergelar Internasional Master (IM) berhasil mengemas 6,5 poin, kalah 0,5 poin. Dia kalah 0,5 poin dari wakil tuan rumah lainnya yakni Nguyen Ngoc Truong Son yang pada babak kesembilan berhasil mengalahkan Fide Master (FM) Lye Lik Zang.

Baca Juga : Kabupaten Probolinggo Raih 3 - 3 – 1 Medali Porprov Jatim 2022

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Probolinggo Sugeng Nurfindarko melalui Sekretaris Chalid Abubakar mengatakan,  pihaknya mengapresiasi prestasi Ervan.  Ia berharap prestasi Ervan dapat dijadikan motivasi untuk para atlet Kabupaten Probolinggo lainnya.

Baca Juga : KONI Kabupaten Probolinggo: 1 Medali Emas Dibonus Rp 20 Juta

Menurutnya, dalam waktu dekat ini ada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur. Tentunya prestasi Ervan dapat membuka peluang atlet Kabupaten Probolinggo meraih prestasi. "Dari situ bisa membuka jalan ke PON, dan nantinya bisa ikut SEA Games," terangnya, Senin (23/5/2022).

Chalid mengatakan, semua itu memang tidak mudah. Namun dengan niat, tekad dan usaha yang besar,  maka semua dapat diraih. Begitu pula Ervan yang sebelumnya hanya di tingkat kecamatan, naik ke kabupaten, hingga dapat tampil di SEA Games. "Alhamdulillah Ervan sudah membuka jalan serta memberikan contohnya," ucapnya. (zr/why)