Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-05-10 23:00:11

Menjelang Lebaran, Pekerja Migran Terus Berdatangan dan Langsung Dikarantina

PEKERJA LUAR NEGERI: Puskesmas Maron masih mengkarantina pekerja migran, dan akan dipulangkan jika pekerja tersebut dinyatakan negatif corona.

PROBOLINGGO, TADAYODAYS.COM - Menjelang Idul Fitri tahun 2021 Masehi atau 1442 Hijriah, Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Probolinggo terus berdatangan. Total per tanggal 9 Mei 2021, Pemkab Probolinggo sudah menerima 107 orang PMI.

PIC Karantina PMI Kabupaten Probolinggo, dr. Dyah Kuncarawati menerangkan kalau dari total 107 orang tersebut saat ini yang tersisa menjalani karantina sebanyak 27 orang. Sedangkan 80 orang lainnya sudah diserahkan ke kepala desa masing-masing untuk dilakukan karantina tingkat desa. "Mayoritas dari Negara Malaysia," katanya pada tadatodays.com, Senin (10/5/2021).

Baca Juga : Gedung DPRD Jember Lockdown, Pembahasan LPP APBD 2020 Ditunda

Mereka yang dijemput sudah menjalani karantina selama 5 hari di tempat karantina tingkat kabupaten. Mereka dinyatakan sehat dan terbebas dari covid-19, berdasarkan hasil swab dua kali negatif secara berturut-turut.

Baca Juga : Satu Anggota Dewan Jember Positif Covid-19, Parlemen Swab Masal

Diketahui, di desa masing-masing mereka akan melanjutkan  karantinanya selama 9 hari ke depan. Jika di total mereka jalani karantina 14 hari.  "Terhitung sejak kedatangannya ke Kabupaten Probolinggo," ujarnya.

Namun jika hasilnya positif, maka PMI yang bersangkutan tidak akan dipulangkan dan akan dikarantina di rumah sehat milik Pemkab Probolinggo sampai hasil swab melalui Polymerase Chain Reaction (PCR) selama dua kali berturut-turut negatif. (zr/don)