Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-10-29 22:04:38

Menko PMK Muhadjir Tinjau Pasar Kronong sebagai Percontohan Pasar Syariah

PASAR: Menko PMK Muhadjir Effendy (batik coklat) meninjau salah satu lapak yang tersedia di Pasar Kronong

PROBOLINGGO, TADATODAYS. COM - Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Muhajir Efendi mengunjungi Pasar Kronong, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jumat (29/10/2021). Kunjungan ini untuk meninjau Pasar Kronong sebagai Pasar Syariah di Kota Probolinggo.

Muhadjir Effendy menuturkan, anggapan soal pasar tradisional melalui konsep pasar syariah ini masih sulit diterapkan.

Baca Juga : Kunjungi Kota Probolinggo, Muhadjir Dukung Kolaborasi Pemerintah Pusat dan Pemda untuk Kesejahteraan Masyarakat

Sebab, menurutnya, beberapa kendala kerap ditemui. Yakni mulai dari infrastruktur, kesiapan pedagang dan pembeli menjadi alasan belum optimalnya konsep jual beli syariah. "Ini suatu terobosan untuk memverifikasi proses transaksi. Terutama yang berkaitan dengan ukuran, berat ringan dan kualitas," kata Muhajir.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini meminta kepada Pemkot Probolinggo agar  meningkatkan dan mengembangkan Pasar Kronong sebagai pasar syariah.

Sementara, Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin mengatakan bahwa pembentukan pasar syariah ini untuk membantu penyelenggaraan dan pengelolaan pasar tradisional yang berlandaskan syariat islam.

Tujuannya, untuk meningkatkan perekonomian kerakyatan dengan mengangkat martabat pasar rakyat, supaya mampu bersaing dengan pasar modern.

Pasar Kronong sendiri ditunjuk sebagai pilot project karena memiliki fasilitas yang paling memenuhi syarat untuk mengarah pada konsep syariah. Seperti ketepatan timbangan pedagang, dengan disediakannya fasilitas pos ukur ulang. "Pembeli bisa menimbang kembali hasil belanja di pos ukur ulang yang telah disediakan. Kebenaran pengukurannya teruji, terbukti dan insyaallah kita tenang, aman dan nyaman," kata Wali Kota Hadi. (ang/don)