Usman Afandi


Wartawan Tadatodays.com | 2020-12-12 17:30:32

Menunggu Vaksin Covid-19, Pemkab Banyuwangi Siapkan 90 Petugas Vaksinator

DILATIH: Pemkab Banyuwangi melatih petugas penyuntik vaksin Covid-19, sehingga siap melakukan vaksinasi jika vaksin Covid-19 tiba di Banyuwangi.

BANYUWANGI TADATODAYS.COM - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah menyiapkan sebanyak 90 petugas vaksinator, yang akan menyuntikkan vaksin Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono kepada wartawan Sabtu, (12/12/2020) mengatakan, petugas vaksinator  tersebut berasal dari delegasi masing-masing puskesmas di wilayah Banyuwangi.

Baca Juga : Tidak Semua Nakes Disuntik Vaksin Tahap Pertama

"Untuk yang puskesmas kami minta masing-masing dua orang dari total 45 Puskesmas sama dari dinkes. Kita kan gak tahu ya vaksin ini bagaimana, makanya kemudian dilakukan pelatihan," ujar Rio saat dihubungi wartawan via telepon, Sabtu, (12/12/2020).

Baca Juga : Satgas Covid-19 Pajarakan, Gending, Dringu Gencar Melakukan Tes Masal Antigen

Pihaknya menambahkan, petugas vaksinator tersebut sebelumnya telah mendapatkan pelatihan dari Kementerian Kesehatan RI secara virtual.

Dikatakan Rio, sapaan akrabnya, pihaknya juga diminta untuk melakukan pendataan khususnya kepada petugas kesehatan yang akan mendapatkan prioritas penyuntikan vaksin Covid-19.

"Hari ini kami diminta melakukan verifikasi ulang tenaga kesehatan, jadi belum selesai," tambahnya.

Selain petugas kesehatan, lanjut Rio, prioritas pemberian vaksin juga diberikan kepada TNI, Polri, petugas pelayanan publik dan masyarakat yang sudah terdaftar sebagai keanggotaan BPJS.

Meski demikian, pihaknya saat ini belum mengetahui kapan vaksin tersebut akan sampai di Kabupaten Banyuwangi.

"Untuk jadwal penyuntikan kami belum tahu, kami hanya mendapat permintaan untuk pelatihan vaksinator dan pendataan," katanya.

Widji menambahkan, meski ada kabar baik terkait masuknya vaksin Covid-19 ke Banyuwangi, ia meminta kepada masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, angka penularan Covid-19 di Banyuwangi menunjukan peningkatan.

Sementara itu, data sebaran Covid-19 di Banyuwangi hingga Kamis (10/12/2020) menunjukan 3138 orang positif Covid-19, dengan pasien sembuh sebanyak 2690 orang, dan masih dirawat 202 orang. Sementara untuk asien meninggal sebanyak 246 orang. (usm/don)