Alvi Warda


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-13 20:54:28

Mie Pendalungan, Santapan Buka Puasa Khas Kota Probolinggo

KULINER: Dengan didampingi istrinya Aminah, Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin menjajal kemampuannya memasak Mie Pendalungan dalam kegiatan "Masak Besar Mie Pendalungan" di halaman kantor wali kota, Rabu sore (13/4/2022). Wali Kota Hadi berharap agar mie khas Kota Probolinggo itu semakin dikenal.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Bulan Ramadan telah memasuki hari ke-11, Rabu (13/4/2022). Selain identik dengan kegiatan ibadah, bulan Ramadan juga khas dengan menjamurnya kuliner untuk menu buka puasa.

Nah, di Kota Probolinggo ada menu khas yang tidak asing lagi di lidah warga Probolinggo. Ya, namanya Mie Pendalungan. Mie tersebut punya ciri khas dengan toping ikan tengiri dan ikan kakap. Tentunya dengan menggunakan bumbu rempah pilihan.

Baca Juga : Idul Fitri, Wali Kota Probolinggo Tidak Menggelar Open House

Untuk mempopulerkan Mie Pendalungan, Pemkot Probolinggo menggelar masak besar Mie Pendalungan di halaman kantor Wali Kota Probolinggo, Rabu sore (13/04/2022).

Baca Juga : Apresiasi Street Food Festival Ramadan, Pemkab Banyuwangi Pastikan Keamanan Kuliner yang Dijual

Masak besar Mie Pendalungan itu diikuti jajaran Forkopimda setempat. Seperti Kepala Kejaksaan Negeri, Komandan Kodim 0820, Kapolres Probolinggo Kota, dan tentunya Wali Kota Probolinggo. Mereka juga ikut memasak Mie Pendalungan, dengan resep yang telah disiapkan.

Hj. Aminah Zainal Abidin selaku Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Probolinggo, menuturkan bahwa Mie Pendalungan telah memenuhi kesehatan gizi untuk anak dan keluarga. Karena mie tersebut memiliki toping ikan yang baik untuk kesehatan. “Makanan jika dikasih ikan, pasti sehat,” katanya.

Ia juga menyampaikan, memasak mie pendalungan sama dengan memasak mie lainnya. Bedanya hanya terletak di bumbu dan ikan. Hj. Aminah juga mengaku sering memasak mie pendalungan, karena cita rasanya yang pas di lidah. “Triknya sama, bedanya hanya ada di rempah. Ada rempah khususnya,” ujarnya.

Sementara menurut Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani, Mie Pendalungan merupakan mie dengan citarasa sangat istimewa.

Menurut Wadi, bumbu yang digunakan untuk mengolah Mie Pendalungan beragam, tak seperti bumbu untuk mie yang biasanya ia masak di rumahnya. “Sensasi aromanya beda, bumbunya itu banyak,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin menuturkan, tujuan dari agenda ini untuk mengedukasi masyarakat. Menuutnya, aneka masakan mie bisa menjadi sehat jika diberi toping ikan. “Masak mie dipadu dengan ikan. Jadi sehat untuk anak,” terangnya.

Nah, masakan Mie Pendalungan buatan para pejabat tersebut kemudian dibagikan kepada masyarakat Kota Probolinggo yang sedang melintas di depan kantor Wali Kota Probolinggo. (alv/don)