Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-16 19:22:29

MotoGP Mandalika Makin Dekat, Jumlah Penumpang di Pelabuhan Ketapang Meningkat

BERDAMPAK: Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Banyuwangi menjadi salah satu jalur menuju Lombok, Nusa Tenggara Barat, tempat digelarnya MotoGP Mandalika mulai Jumat-Minggu (18-2/3/2022). Dari data PT ASDP Ketapang, jumlah penumpang di Pelabuhan Ketapang mengalami kenaikan jelang digebernya MotoGP Mandalika.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Perhelatan MotoGP di sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, akan digeber pada Jumat-Minggu (18-20/3/2022). Even balapan motor internasional itu berdampak pada jumlah penumpang di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, yang mulai mengalami kenaikan sejak Senin (14/3/2022).

Manajer PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ketapang, Marsadik mengatakan peningkatan penumpang itu menujukan antusias masyarakat serta dukungan terhadap MotoGP di Indonesia. "Diperkirakan hari ini adalah puncaknya (peningkatan jumlah penumpang),"ujarnya.

Baca Juga : Puncak Arus Mudik, Jumlah Pemudik di Pelabuhan Ketapang Tercatat 30 Ribu Lebih

Marsadik menyebutkan, para penumpang didominasi masyarakat dari luar Banyuwangi. Penumpang tersebut sebagian ada yang langsung memilih rute Ketapang-Lembar, Lombok. Namun sebagian lainnya memilih jalur Ketapang-Gilimanuk, Bali dan melanjutkan  perjalanan darat menuju Padang Bai-Lembar.

Baca Juga : Mudik Lebaran 2022, PT ASDP Ketapang Banyuwangi Siapkan 48 Kapal

Meski terjadi peningkatan jumlah penumpang, namun ASDP Ketapang tidak menambah jumlah kapal feri karena dirasa masih cukup. “Untuk itu kami menyiapkan 5 armada kapal langsung menuju Lembar," tuturnya.

Selain faktor even MotoGP, bertambahnya jumlah penumpang itu juga karena tidak diberlakukannya Swab Antigen bagi setiap penumpang. Artinya, kata Marsadik, masyarakat lebih leluasa dalam melakukan perjalanan. (rl/don)