Alvi Warda


Wartawan Tadatodays.com | 2022-09-16 16:58:24

Motor Hangus Terbakar selepas Isi BBM Eceran

TERBAKAR: Sepeda motor milik staf TU SDN Tisnonegaran 1 Kota Probolinggo Widyowati Hariyadi yang terbakar setelah isi BBM eceran.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Nasib nahas menimpa Widyowati Hariyadi, 45, warga Jl Argopuro XII nomor 17, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo.  Sepeda motor milik staf Tata Usaha di SDN Tisnonegaran 1 itu terbakar setelah diisi BBM pertalite eceran, Jumat (16/9/2022) siang. 

Sekitar pukul 12. 55 WIB, Widyowati bersiap untuk pulang. Sewaktu melihat tangki motornya,  ia yakin tidak mencukupi untuk dipakai sampai rumahnya di Jl Argopuro, Ketapang. Karena itu, Widyowati bergegas mencari penjual BBM eceran. 

Baca Juga : Memasak, Ditinggal Mengantar Anak, Dapur Ludes Terbakar

Di pertigaan markas Kodim 0820 di Jl Panglima Sudirman, tepatnya depan Ratna Mart, ada penjual BBM eceran. Di situ Widyowati membeli sebotol BBM pertalite berharga Rp 15 ribu, kemudian langsung dimasukkan tangki motor Yamaha Mio nopol N 4420 QB.

Baca Juga : Api Melalap Warung di Tegalsiwalan, Kerugian Rp 50 Juta

Beberapa menit kemudian Widyowati menghidupkan mesin motornya. Namun, berulang kali tombol  starter ditekan, mesin motor itu tidak kunjung hidup. 

Tepat saat itu jamaah salat Jumat di Masjid Kodim 0820 baru turun dari masjid. Beberapa orang menghampiri Widyowati untuk menolong. Namun, tidak ada hasil. Mesin motor Widyowati tetap tidak mau hidup.

Hingga akhirnya, putri Widyowati yang masih berusia 7 tahun, melihat ada percikan api dari bagian bawah motor. Gadis kecil itu berteriak pada Widyowati. "Ma, ada api. Anak saya bilang gitu. Jadi saya menyingkir dari motor," ucap Widyowati sembari memandangi motornya.

Warga yang juga mendengar teriakan putri Widyowati, bergegas mencari air, lalu menyiram motor tersebut. Namun, api membesar. Widyowati tertegun, anaknya menangis. Warga yang melihat akhirnya menghubungi petugas pemadam kebakaran (damkar).

Widyowati tak mengira mengalami musibah ini. Sepeda motornya itu sudah 10 tahun lebih, menemani keseharian Widyowati. "Kira-kira 10 tahun motor saya ini bareng saya," ujarnya. Sambil terduduk lemas, Widyowati melihat api berusaha dipadamkan petugas Damkar dari Satpol PP Kota Probolinggo. 

Sementara, tim Damkar Kota Probolinggo yang dipimpin Abdullah membutuhkan 15 menit untuk memadamkan api di motor tersebut dengan armada  damkar berkapasitas 3000 liter. "(Pemadamannya) 10 sampai 15 menit," ujarnya. (alv/why)