Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-16 14:51:06

Motor Trail milik Dokter di Kraksaan Dicuri, Pelaku Terekam CCTV

WASPADA: Dalam rekaman CCTV, terlihat salah seorang pelaku mengeluarkan motor trail dari teras rumah korban. Sementara seorang pelaku lainnya mengikat daun pintu menggunakan tali sepatu. Kasus curanmor itu telah diselidiki Polsek Kraksaan.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Kyagus Badius Sani, 26, seorang dokter warga Perum Pondok Indah nomor 5 Rt 5 Rw 1 Kelurahan Kandangjati Kulon, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, menjadi korban pencurian sepeda motor. Motor trail Honda RCF 150 yang ia beli untuk ayahnya raib dicuri maling, Rabu (16/3/2022).

Pencurian itu terekam Closed Circuit Television (CCTV) yang terpasang di rumah korban. Dalam video berdurasi 7 menit 29 detik, itu terlihat dua orang pencuri yang menggunakan motor memasuki pintu pagar rumah korban. Kemudian, salah satu yang memakai helm warna hitam terlihat berdiri di pintu rumah, seperti meletakkan sesuatu.

Baca Juga : Ditinggal Andok Mie Dower, Motor Dicuri, Terekam CCTV

Sementara pelaku yang memakai helm warna merah berusaha membobol kunci motor dengan pelat nomor W 4377 UM itu. Selesai membobol dan dirasa aman, keduanya langsung membawa lari motor trail warna merah dan putih tersebut.

Baca Juga : Bekuk Spesialis Pencurian dengan Sasaran Nasabah Bank

Saat ditemui tadatodays.com di rumahnya pada Rabu sekira pukul 12.00 WIB, Kyagus Badius Sani menceritakan bahwa peristiwa itu terjadi sekira pukul 03.20 WIB. Namun motor itu diketahui sudah hilang oleh ayahnya, Abdul Mujib, pada pukul 05.30 WIB.

Pada saat membuka pintu rumah, sang ayah mengalami kesulitan karena gagang pintu terikat oleh tali sepatu dari luar. Alhasil, ayahnya pun lewat pintu samping. Seketika, Abdul Mujib sudah tak melihat motor trail tersebut. "Motor itu diparkir di dalam pagar dan menghadap ke barat," terangnya.

Kyagus menduga, motor miliknya itu sudah diincar karena gerak gerik pelaku seakan sudah mengetahui bahwa kondisi lingkungan rumahnya sepi. Diketahui, rumah tersebut berada di deretan paling timur, dan hampir tidak ada aktifitas warga sama sekali. Sementara di depan rumah korban hanya tanah kosong yang ditumbuhi tanaman liar.

Pria yang karib disapa dokter Badi itu juga menceritakan, kalau motor itu sudah diparkir sejak Selasa (15/3/2022) sore oleh ayahnya. Sedangkan, saban harinya pintu pagar tidak pernah dikunci karena terhalang mobil Nissan Juke miliknya. “Tetapi untuk motor trail selalu dikunci setir,” ujarnya.

Motor tersebut ia beli pada September 2021, dan digunakan oleh ayahnya untuk pergi ke sawah. "Kalau saya sendiri, kalau kerja pakai mobil," tuturnya.

Badi menambahkan kalau kejadian itu sudah dilaporkan ke Polsek Kraksaan sekira pukul 06.30 WIB. Pihak kepolisian sudah melakukan olah TKP pada Rabu pagi.

Terpisah, Paur Humas Polres Probolinggo, Bripka Mukhtar Yuliarto, membenarkan kejadian tersebut. Ia mengatakan bahwa Polsek Kraksaan sudah menerima laporan dari korban dan telah melakukan olah TKP. "Doanya dari masyarakat semoga kami bisa menangkap para pelaku," ujarnya saat dikonfirmasi melalui panggilan telepon seluler.

Mukhtar juga mengimbau kepada masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap barang-barang miliknya. Sehingga dapat mempersempit kesempatan para pelaku pencurian. (zr/don)