Amelia Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2022-09-19 15:21:09

MTs Negeri Kota Probolinggo Ditetapkan Sekolah Adiwiyata Jawa Timur; Tawin: Selanjutnya Berusaha ke Tingkat Nasional

ADIWIYATA: Penyerahan Adiwiyata Jawa Timur 2022 di Surabaya, kepada sekolah-sekolah yang berhasil meraihnya, termasuk MTs Negeri Kota Probolinggo.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Probolinggo mendapatkan prestasi terbaru, yaitu predikat sebagai sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur. Keputusan ini tertuang dalam Surat Keputusan Jawa Timur nomor 188 / 561 / KPTS / 013 / 2022 tentang Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur 2022.

Penyerahan piala dan piagam Sekolah Adiwiyata diberikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur Ardo Sahak, yang diterima langsung oleh Kepala MTsN Probolinggo Drs. Tawin, di Jatim Internasional Expo (JIE) Convention Exhibition, Surabaya, Selasa (13/9/2022).

Baca Juga : MTs Negeri Kota Probolinggo Ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Jawa Timur; Tawin: Selanjutnya Berusaha ke Tingkat Nasional

Predikat Adiwiyata atau yang disebut dengan green school adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup. Program ini bertujuan mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan guna mewujudkan sekolah Adiwiyata. Mulai dari membuang sampah pada tempatnya, mendaur ulang sampah menjadi barang yang berguna, menanam berbagai macam tanaman di lingkungan sekolah, dan mengurangi kantong plastik wadah jajan kantin.

Kepada tadatodays.com, Kepala MTs Negeri Probolinggo Drs Tawin menjelaskan bahwa para pendidik bekerjasama dengan murid melaksanakan program tersebut guna terwujudnya program Adiwiyata. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menggalakkan siswa-siswi agar agar ikut menyukseskan program Adiwiyata.

"Kerja keras kita menghasilkan yang terbaik. Tentunya tidak mudah untuk sampai di titik ini. Tetapi untuk ke depannya, semoga menjadi lebih dan lebih baik lagi," ucap Tawin.

Lebih lanjut, menurut Tawin, penghargaan ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri. Terutama bagi setiap warga sekolah yang giat menertibkan kebersihan guna mewujudkan sekolah Adiwiyata.

PEDULI LINGKUNGAN: Ada banyak kegiatan peduli lingkungan dalam program Adiwiyata yang dijalankan di MTs Negeri Kota Probolinggo. Salah satunya adalah kegiatan pengolahan sampah.

"Ke depannya, MTs Negeri Kota Probolinggo akan lebih meningkatkan program-program yang sudah ada, guna mempertahankan status Adiwiyata, dan sedapat mungkin melenggang ke tingkat nasional," tambah Tawin.

Seperti diketahui, puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia oleh Pemrov Jawa Timur tahun 2022 diikuti oleh seluruh Dinas Lingkungan Hidup dari kota/kabupaten se Jawa Timur. Selain itu, hadir pula para kepala dinas dan kepala sekolah tingkat SD/MI, SMP/MTs yang masuk nominator Adiwiyata 2022.

Selain MTs Negeri Kota Probolinggo, ada juga 5 sekolah lain dari Kota Probolinggo yang berhasi meraih predikat sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur. Masing-masing adalah SDN Jati 4, SDN Kanigaran 3, SDN Wonoasih 1, SMPN 2 dan SMPN 8. (mel/why)