Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-20 19:26:14

Mudik Lebaran 2022, PT ASDP Ketapang Banyuwangi Siapkan 48 Kapal

JELANG MUDIK: PT ASDP Ketapang menyiapkan 48 kapal penyeberangan guna melayani pemudik di momen lebaran tahun ini. PT ASDP memperkirakan peningkatan jumlah penumpang sekitar 10 persen.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ketapang Banyuwangi, menyiapkan tiga skenario penyeberangan untuk menghadapi peningkatan arus mudik lebaran 2022. Salah satu langkahnya yakni dengan menyiapkan 48 kapal, dan telah disiapkan sejak Rabu (20/4/2022).

General Manager PT ASDP Ketapang, Hasan Lessy mengatakan tiga skenario penyeberangan tersebut yakni skenario normal, padat dan sangat padat. Diantara tiga scenario tersebut masing-masing memiliki tingkat kepadatan yang berbeda. Dalam kondisi normal, sekurangnya 28 armada kapal yang akan beroperasi di Pelabuhan Ketapang.

Baca Juga : Pagelaran Wayang Kulit Jadi Pembuka Banyuwangi Culture Art

Hasan menjelaskan, 28 kapal yang disiapkan dalam kondisi normal tersebut sama seperti kesiapan hari-hari biasa. Sementara untuk kondisi padat akan ada penambahan trip dan juga penambahan kapal. Sementara dalam kondisi sangat padat, kapal-kapal besar yang akan dioperasikan tidak menyesuaikan jadwal. “Artinya, setiap penumpang penuh langsung ada pemberangkatan," ujarnya.

Baca Juga : World Surf League Siap Digeber di Plengkung Banyuwangi

Untuk lebaran tahun ini, Hasan memprediksi lonjakan penumpang terjadi sekitar 10 persen. Terutama arus para pekerja dari Bali menuju Pulau Jawa.

Sementara itu, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nasrun Pasaribu mengatakan, personel kepolisian telah disiapkan untuk melakukan pengamanan mudik lebaran 2022 di Pelabuha Ketapang.

Selain itu, kata Nasrun, Polresta juga akan mendirikan pos-pos pengamanan dan gerai vaksinasi. "Sehingga akan memudahkan bagi masyarakat yang belum vaksin," katanya. (rl/don)