Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-04-12 15:40:19

MUI Waspadai Pencurian Motor saat Salat Tarawih

KEAMANAN: Kawasan Masjid Agung Ar Raudloh Kraksaan menjadi perhatian MUI setempat selama pelaksanaan salah tarawih. Pasalnya, keberadaan motor jamaah bisa jadi sasaran empuk pelaku curanmor jika aparat keamanan tidak meningkatkan pengawasan.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Probolinggo meminta aparat penegak hukum setempat untuk meningkatkan keamanan saat bulan puasa. Khususnya keamanan kendaraan bermotor milik warga yang melaksanakan salat tarawih di masjid-masjid.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris MUI Kabupaten Probolinggo, Yasin. Ia menuturkan, keamanan sangat perlu dijaga dengan ketat, khususnya masjid Ar-Raudloh yang dekat dengan alun-alun Kota Kraksaan. Dimana  banyak orang lalu lalang di daerah tersebut.

Baca Juga : DPC PDI Perjuangan Kota Probolinggo Bagikan Santunan kepada 600 Warga

Kalau keamanan terlihat longgar, katanya, maka dapat memicu orang untuk nekat mencuri motor jamaah. Termasuk, bakal membuat jamaah tidak khusuk saat melaksanakan ibadahnya. "Karena takut sepedanya hilang," katanya, Senin (12/4/2021).

Baca Juga : DPC PDI Perjuangan Kota Probolinggo Bagikan Santunan pada 600 Warga

Tak hanya mengamankan tempat ibadah, pihaknya juga mengharap agar penegak hukum juga menindak para pengendara yang menggunakan knalpot brong, balap liar dan  petasan. Menurutnya, hal itu mengganggu ibadah di malam hari dan bikin tidak nyaman warga saat berpuasa. "Itu dapat mengganggu," katanya.

Yasin menjelaskan kalau hal tersebut sudah tertuang dalam maklumat MUI Kabupaten Probolinggo dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah. Dalam maklumat tersebut juga diimbau kepada masyarakat untuk menghormati bulan Ramadan. (zr/don)