Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-03-07 21:27:36

Muscab PKB Diwarnai Surat Mosi Tidak Percaya

DINAMIKA: Suhadak (peci coklat) saat menyerahkan surat mosi tidak percaya terhadap kepemimpinan Abdul Malik Haramain, kepada ketua panitia muscab Lukman Hakim (kemeja hijau)

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Di sela-sela rapat Musyawarah Cabang (Muscab) Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Probolinggo, Minggu (7/3/2021), terdapat penyerahan surat mosi tidak percaya kepada Abdul Malik Haramain sebagai ketua DPC PKB setempat.

Diketahui, seorang pengantar surat itu bernama Suhadak, warga Desa Curatulis, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo. Suhadak bersama 20 orang lainnya mendatangi gedung kantor DPC PKB yang berada di Desa Pajurangan, Kecamatan Gending itu, untuk memberikan surat tersebut kepada DPC PKB.  

Baca Juga : Malik Haramain Ditarget Rebut Kursi Bupati Probolinggo 2024

Hanya saja, dari pantauan tadatodays.com, yang masuk ke halaman gedung kantor DPC PKB hanya Suhadak. Surat mosi tidak percaya itu diterima langsung oleh Lukman Hakim, selaku ketua panitia muscab tersebut.

Baca Juga : Malik: Problem Kabupaten Probolinggo ada Pada Pemimpin

Suhadak mengatakan, surat tersebut berisi tentang permintaan untuk membatalkan penunjukan Malik Haramain sebagai ketua DPC PKB Kabupaten Probolinggo.

Menurutnya, Malik tidak layak menjadi ketua, karena saat ini masih tersandung kasus dugaan tindak pidana korupsi dana parpol di tahun 2016, 2017, 2018 dan tahun 2019. "Kini masih proses hukum di kejaksaan," katanya.

Suhadak menilai, PKB harus dipimpin oleh seseorang yang jujur dan bisa mengayomi kader PKB di tingkat bawah. Sehingga ia berharap agar permohonannya itu dapat dikabulkan.

Namun ia mengatakan, surat itu hanyalah sebuah permohonan dari pihaknya saja, sedangkan mengenai dikabulkan atau tidaknya menjadi wewenang pengurus DPC.

Sementara itu, juru bicara DPC PKB Kabupaten Probolinggo, Musthofa, mengaku sudah mengetahui adanya surat tersebut. Hanya saja ia belum sempat membaca, sehingga belum mengetahui isi surat. "Kami baru selesai (muscab)," katanya pada Minggu sore.

Namun ia tetap akan membacanya untuk melihat isi surat tersebut. Tapi, menurutnya, sampai sejauh ini tidak ada masalah di internal partai, baik dari masing-masing PAC, DPC dan Banom PKB dalam muscab.

Diketahui, Muscab DPC PKB Kabupaten Probolinggo telah selesai dilakukan dan menetapkan Abdul Malik Haramain sebagai ketua DPC PKB periode 2021-2026, Minggu (7/3/2021). (zr/don)