Tri Amelia Agustin Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2021-03-30 19:38:48

Musrenbang RKPD 2022, Pemkot Probolinggo Fokus Pemulihan Ekonomi dan Pembangunan

PENANDATANGANAN: Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidi menandatangani dokumen berita acara hasil kesepakatan musrenbang RKPD Kota Probolinggo tahun 2022, disaksikan Ketua DPRD Abdul Mujib, Sekda drg Ninik Irawibawati, dan sejumlah kepala OPD.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Probolinggo, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Probolinggo tahun 2022.

Dalam musrenbang digelar di Puri Manggala Bhakti kantor Walikota Probolinggo, Selasa (30/3) tersebut, pemkot berupaya melakukan percepatan pemulihan pertumbuhan ekonomi, perlindungan sosial, kesehatan, pendidikan dan infrastruktur dasar.

Baca Juga : Musrenbang RKPD 2022, Pemkot Probolinggo Fokus pada Pemulihan Ekonomi dan Pembangunan

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, Sekretaris Daerah (Sekda) drg. Ninik Ira Wibawati, Kepala Bappeda Litbang Tartib Goenawan, Ketua DPRD Kota Probolinggo Abdul Mujib, serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Probolinggo.

Baca Juga : Dana Hibah Belum Cair, Kegiatan Lembaga Penerima Tertunda

Musrenbang ini juga dihadiri secara virtual Pemprov Jawa Timur, yakni Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Hari Wawan Guntoro. Dalam sambutannya, Hari Wawan Guntoro memaparkan beberapa prioritas pembangunan Jawa Timur tahun 2022.

ARAHAN: Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin memberikan sambutan pada Musrenbang RKPD 2021. Ia menginstruksikan agar program yang dijalankan terukur dan bermanfaat bagi masyarakat.

Di antaranya pemulihan ekonomi kerakyatan melalui penambahan nilai sektor sekunder dan pariwisata, penguatan konektivitas antar wilayah dalam upaya pemerataan hasil pembangunan, serta peningkatan layanan infrastruktur.

Kepala Bappeda Litbang Kota Probolinggo Tartib Goenawan menuturkan, visi pembangunan Kota Probolinggo tahun 2019-2024 ialah membangun bersama rakyat untuk Kota Probolinggo lebih baik berkeadilan, sejahtera, transparan, aman, dan berkelanjutan.

Pelaksanaan musrenbang ini menurut pria yang akrab disapa Tartib itu dalam penyusunan RKPD-nya, dilaksanakan secara berjenjang. Mulai tingkat kelurahan, kecamatan hingga kota.

Musrenbang sendiri ditujukan untuk menghimpun usulan kebutuhan masyarakat yang diperoleh dari berbagai sumber. Kemudian disinkronisasi dan ditetapkan dalam bentuk prioritas kegiatan yang akan diajukan sebagai program dan kegiatan perangkat daerah dalam perencanaan pembangunan berikutnya.

Secara khusus dalam Musrenbang RKPD tahun 2022 mengangkat tema Pemantapan Pemulihan Ekonomi dan Akselerasi Pembangunan Sumberdaya Manusia Kota Probolinggo yang berdaya saing.

“Prioritas di antaranya dalam bidang ekonomi, sosial, fisik, dan pemerintahan. Ada beberapa sasaran pembangunan daerah tahun 2022. Meliputi pemulihan pertumbuhan ekonomi paska pandemi covid-19,” kata mantan Kepala Inspektorat tersebut.

Dalam musrenbang RKPD tahun 2022, juga terdapat usulan yang bersumber dari pokok-pokok pikiran DPRD Kota Probolinggo. Ketua DPRD Kota Probolinggo Abdul Mujib menyampaikan, bahwa pokok-pokok pikiran DPRD seharusnya bersumber dari agenda reses yang telah dilakukan.

“Pokok-pokok pikiran DPRD Kota Probolinggo berdasarkan dari akumulasi, representasi dan kunjungan kerja dari reses yang telah dilaksanakan,” terangnya. Harapannya pokok-pokok pikiran yang lahir dari DPRD Kota Probolinggo ini bisa diakomodasi dan direalisasikan oleh pemkot.

Wali Kota Hadi Zainal Abidin dalam sambutannya menyampaikan, bahwa paradigma perencanaan pembangunan saat ini adalah money follow program. Paradigma ini lebih berorientasi pada kesejahteraan masyarakat. Maksudnya, program yang disusun lebih berorientasi pada manfaat untuk rakyat demi mencapai tujuan pembangunan nasional.

PEMBAHASAN: Bappeda Litbang Kota Probolinggo menggelar Musrenbang RKPD 2022 di Puri Manggala Bhakti. Dalam kegiatan tersebut diketahui ada ratusan usulan dari masyarakat maupun dari pokok-pokok pikiran DPRD.

“Berkaitan dengan konsep money follow program, saya mengimbau pada para kepala perangkat daerah dalam mengusulkan program kegiatan agar lebih fokus, terukur, dan memberikan manfaat pada masyarakat,” kata Hadi.

Kegiatan musrenbang ini kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara hasil kesepakatan musrenbang RKPD Kota Probolinggo tahun 2022. Di antaranya Bappeda Litbang, BPPKAD, Dinas Kesehatan PPKB, DKUPP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, DPD LPM, Ketua Tim Penggerak PKK, dan kelompok disabilitas.

Hasil dari pelaksanaan musrenbang kelurahan dan kecamatan untuk RKPD Kota Probolinggo tahun 2022, telah terhimpun sebanyak 5.695 usulan masyarakat. Selain terdapat usulan dari kelurahan dan kecamatan yang dimaksud, juga terdapat usulam dari pokok-pokok pikiran DPRD Kota Probolinggo sebanyak 330 usulan.

Usulan tersebut kemudian diunggah melalui aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). (adv/mel/sp)