Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2020-12-13 16:42:53

Namanya Dicatut Penipu, Gus Haris Genggong Respon Santai

SANTAI: Gus Haris merespon dengan santai dan tidak akan membesar-besarkan kasus penipuan dengan mencatut namanya

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Kasus penipuan di dunia maya dengan mencatut nama tokoh, kembali terjadi di Probolinggo. Setelah nama Bupati dan Wakil Bupati Probolinggo, kini pelaku penipuan mencatut nama salah satu pengurus Pondok Pesantren Zainul Hasan (Zaha) Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, KH Moh. Haris Damanhuri atau Gus Haris. 

Baru-baru ini, viral sebuah nomor whatsaap yakni 081268100119, yang mengatasnamakan Gus Haris. Nomor tersebut sudah menghubungi beberapa orang calon korbannya. 

Dalam obrolan chat whatsapp, nomor tersebut menanyakan kabar penerima pesan kemudian bercerita kalau ia diundang oleh pihak bank tertentu untuk menghadiri acara lelangan kendaraan. Pemilik nomor tersebut juga mengaku kalau mempunyai jatah 3 unit kendaraan di lelang tersebut. Tapi, ujungnya kendaraan tersebut ditawarkan kepada penerima pesan.

Modus yang dilakukan pemilik nomor tersebut dibenarkan oleh Gus Haris. Gus Haris mengatakan, sampai saat ia belum menerima laporan apakah sudah ada korban atas kasus tersebut. "Semoga tidak ada saja, ya," harap Gus Haris pada tadatodays.com, saat dikonfirmasi pada Minggu (13/12/2020). 

Saat ditanya apakah akan melaporkan nomor tersebut ke polisi, ulama yang juga aktif sebagai kepala SMP Plus Zaha Gengong ini mengatakan, bahwa pihaknya tidak akan membesar-besarkan kejadian tersebut. Ia juga sudah menginformasikan kepada banyak orang bahwa nomor tersebut bukanlah nomornya.

"Itu hanya orang iseng nyoba nipu-nipu saja mas, rasanya tidak perlu dibesar-besarkan. Sudah dikonfirmasi semua, kok" katanya melalui pesan singkat whatsaap. (zr/don)