Febri Wiantono


Wartawan Tadatodays.com | 2021-03-12 18:49:20

Nyepi, Jalur Penyeberangan di Selat Bali Akan Ditutup

PENYEBERANGAN: Penyeberangan di Ketapang Banyuwangi dan Gilimanuk Bali, akan ditutup saat peringatan Nyepi Umat Hindu Bali.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Penyeberangan Selat Bali di Ketapang Banyuwangi dan Gilimanuk Bali, akan ditutup. Hal itu, lantaran akan berlangsungnya Hari Raya Nyepi yang dilaksanakan umat Hindu di Bali. Sementara untuk pelabuhan LCM Penyebarangan Ketapang dan Lembar, Lombok akan tetap dibuka.

General Manager ASDP Ketapang, Eddy Hermawan, mengatakan bahwa penutupan akan diberlakukan kurang lebih selama 24 jam.

Baca Juga : Kasus Pengeroyokan di Banyuwangi, Satu Pelaku Ditangkap dan Pelaku Lain Ditetapkan DPO

Ia menyampaikan, Pelabuhan Ketapang akan ditutup pada Sabtu (14/3/2021) pada pukul 00.00 WIB dan akan dibuka kembali pada Minggu (15/3/2021) pada pukul 05.00 WIB.

Baca Juga : Jelang Ramadan, Bulog Banyuwangi Jamin Stok Beras Aman

Sedangkan, dari arah sebaliknya yakni Pelabuhan Gilimanuk akan ditutup pada Sabtu (14/3/2021) pada pukul 06.00 WITA,  dan akan dibuka kembali pada Minggu (15/3/2021) pukul 06.00 WITA. Menurut Eddy, penutupan itu sebagai bentuk penghormatan terhadap umat Hindu. “Nantinya akan melaksanakan ibadah Nyepi,” katanya.

Ia menambahkan, nantinya semua lalu lintas akan dinonaktifkan termasuk kendaraan logistik juga tidak bisa menyeberang. “Kita harus menghormatinya (Umat Hindu)," ujarnya.

Dari langkah penutupan itu, Eddy mengimbau kepada masyarakat untuk mengakses aplikasi pembelian tiket penyeberangan, saat penyeberangan sudah dibuka. (peb/don)