Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-04 09:14:53

Omzet Kue Kering Naik, Nastar & Castengel Paling Diburu

LARIS: Lebaran selalu menjadi berkah bagi pelaku usaha kue kering. Salah satunya Habi Sutoko, pemilik Mawar Cake & Bakery. Omzetnya di Hari Raya Idul Fitri 1443 H naik 50 persen.

PROBOLINGGO, TADYODAYS.COM - Momentum Hari Raya Idul Fitri 1443, membawa berkah bagi pelaku usaha kue kering. Salah satunya usaha kue kerig di Mawar Cake & Bakery, yang berlokasi di Perum Bumi Bulu Indah, Blok 7/8 Desa Bulu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Pemilik Mawar Cake & Bakery Habi Sutoko mengatakan, ada 12 macam kue yang ia di momen lebaran tahun ini. Antara lain, nastar, castengle, coco mente, tumbrin, putri salju dan grentea, serta aneka macam kue kering lainnya.

Baca Juga : Rakie Wulan, Penjual Kue Kering Lebaran yang Beromzet Puluhan Juta Rupiah

Dari 12 macam kue yang dijual itu, kata Habi, paling laris adalah kue nastar dan castengel. Padahal harganya paling mahal di antara kue lainnya, yakni dibandrol dengan harga Rp 65 ribu. "Kalau yang lain di kisaran Rp 50 sampai 55 ribu," ujarnya.

Baca Juga : Rakie Wulan, Penjual Kue Kering Lebaran Beromzet Puluhan Juta Rupiah

Purnawiran kepolisian berpangkat AKP ini menerangkan, untuk penjualan lebaran tahun ini meningkat dibanding lebaran tahun lalu. Peningkatannya hampir 50 persen. Menurutnya, penjualan tahun lalu tidak maksimal karena pandemi Covid-19 berdampak merosotnya ekonomi masyarakat.

Saat ditanya mengenai omzet, Habi enggan untuk menjelaskan secara detail. Habi hanya mengatakan kalau omzetnya sudah cukup untuk menggaji 6 karyawan. "Alhamdulilah, juga sudah ada lebihnya," ucapnya.

Pria asal Jawa Tengah ini menjelaskan, kalau usaha kue kering yang ia jalani sudah dirintis sejak 2002 silam. Untuk proses penjualannya, Habi tinggal menunggu pesanan dari pelanggannya. Selain sistem pesanan, dirinya juga menjual di beberapa toko swalayan sekitar dengan sistem titip.

Nah, sebagai pelaku UMKM, Habi berharap agar harga kebutuhan pokok tetap stabil. Sehingga masyarakat tetap bisa membeli kue buatannya dengan harga terjangkau. (zr/don)