Alvi Warda


Wartawan Tadatodays.com | 2022-09-21 06:34:20

Pabrik Kayu di Wonomerto Terbakar, Satu Desa Padam

API: Kebakaran pabrik pengolahan kayu PT Sengon Anugerah Nusantara di Desa Sepuh Gembol, Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo, Selasa (20/9/2022) malam.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pabrik pengolahan kayu bernama PT Sengon Anugerah Nusantara di Jalan Raya Patalan, Dusun Sak Sak, Desa Sepuh Gembol, Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo terbakar hebat pada Selasa (20/9/2022) malam. Api diduga dipicu korsleting listrik. Saking besarnya api, petugas pemadam kebakaran (damkar) sampai harus dibantu PLN untuk memadamkan listrik.

Kasi Pemadaman dan Penyelamatan Damkar Kabupaten Probolinggo Su'ud mengaku belum bisa memastikan penyebab dan kronologi kebakaran ini. “Belum bisa memberikan laporan. Tunggu api padam,” katanya melalui pesan tulis, sekitar pukul 22.10 WIB.

Baca Juga : Ditinggal Pemilik Umrah, Ruko di Pasuruan Terbakar

Sedangkan menurut keterangan warga kepada Su’ud, kepulan asap hitam sudah muncul sejak sekitar pukul 20.00. Namun, petugas damkar baru mendapat laporan sekitar pukul 21.00 dan langsung meluncur ke lokasi.

Baca Juga : Memasak, Ditinggal Mengantar Anak, Dapur Ludes Terbakar

Dua unit armada damkar Kabupaten Probolinggo dikerahkan. Dua unit armada damkar dari Kota Probolinggo juga turut membantu.“Dua unit dari kami, dan dibantu damkar Kota Probolinggo,” ujar Su’ud.

Api sangat sulit dipadamkan. Sebab di dalam pabrik terdapat kayu-kayu yang mudah terbakar. Ditambah angin bertiup kencang. “Api tambah besar dan anginnya kencang sekali,” tuturnya.

Saking besarnya api dari kebakaran ini, petugas damkar sampai harus dibantu PLN untuk memadamkan listrik. Alhasil, listrik di hampir satu desa sekitar pabrik dipadamkan.

Hingga sekitar pukul 03.00, api kebakaran pabrik furnitur ini belum bisa dipadamkan. Petugas damkar mengaku kewalahan untuk memadamkan api. “Belum padam, kami kewalahan,” kata Su’ud.

Sementara, Ahmad, salah satu pengawas pabrik mengatakan bahwa api bermula dari kepulan asap. Pemicunya adalah korsleting listrik. "Penyebabnya itu konslet listriknya, asap langsung membesar," ujarnya saat dikonfirmasi pada Rabu (21/9/2022) pagi. (alv/why)