Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-16 14:03:01

PAN Usulkan Penundaan Pemilu 2024, Ini Alasannya

DEMOKRASI: Ketua Umum Zulkifli Hasan mengusulkan kepada pemerintah agar Pemilu 2024 ditunda. Ia pun menyampaikan beberapa alasan. Di antaranya karena pandemi masih melanda Indonesia.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Isu penundaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 banyak dibahas di kalangan partai politik. Salah satunya Partai Amanat Nasional (PAN). Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan juga mengusulkan kepada pemerintah agar Pemilu 2024 diundur. W

Hal itu dikatakan oleh pria yang juga Wakil Ketua MPR RI saat bertemu dengan Bupati Jember Hendy Siswanto di Pendapa Kabupaten Jember, Rabu (16/3/2022). “Silahkan cek keterangan saya sebelumnya," ucap Zulkifli kepada tadatodays.com.

Baca Juga : Ketum PAN Tak Cemas dengan Partai Pelita yang Digawangi Din Syamsuddin

Seperti diketahui, Zulkifli Hasan di beberapa kesempatan sering menyampaikan terkait usulannya agar Pemilu 2024 ditunda. Ada beberapa alasannya soal penundaan jadwal pesta demokrasi itu.

Pertama, dirinya mengatakan bahwa dengan situasi pandemi seperti saat ini, harus ada hal yang diprioritaskan dan perlu adanya penanganan.

Kemudian yang kedua, adalah alasan perkonomian Indonesia yang belum stabil dengan banyaknya pengangguran dan pemilik usaha belum kembali pulih.

Lalu, masih adanya konflik antara Rusia dan Ukraina yang berdampak pada perekonomian Indonesia.

Kemudian, anggaran pemilu yang cukup tinggi. Menurutnya, pemerintah harus konsentrasi terhadap program kepentingan rakyat. “Masih ada pembangunan nasional yang tertunda akibat dampak pandemi,” ujarnya.

Yang terakhir, Zulkfli juga menyampaikan hasil survei Litbang Kompas terkait angka kepuasan masyarakat terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi di angka 73,1 persen. (bp/don)