Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-05-10 17:04:59

Pasar Buah Semampir Ditempati Penjual Ayam, Terlihat Kumuh

AMPUN BANG JAGO: Penjual ayam jago sengaja meletakkan ayamnya di depan Pasar Buah Semampir, Kecamatan Kraksaan, meski bukan peruntukannya dan menambah kesan kumuh.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pasar buah Semampir yang berada di sisi selatan Jalan Raya Pantura Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, bukan hanya ditempati untuk berdagang buah. Pasar buah justru juga ditempati untuk berdagang hewan ternak, salah satunya ayam.

Dari pantauan tadatodays.com, Senin (10/5/2021) siang, terlihat ada 5 ayam yang siap dijual. 3 ayam dikurung di posisi tanah yang lebih tinggi area depan, dan terlihat jelas dari jalan raya. Satu ayam lagi dikurung di samping selatan, dan satu ayamnya lagi diikat menggunakan tali rafia.

Baca Juga : Untuk Pembangunan Pagar Pasar Kronong, Pemkot Probolinggo Tunggu Trasferan Pusat

Sukarni, salah satu pedagang di pasar buah mengatakan, ayam tersebut memang sudah lama ditempatkan di depan pasar buah. Namun ketika ada yang laku, maka ayam tersebut diganti dengan ayam yang baru oleh pemiliknya.

Baca Juga : Jelang Ramadan, Harga Daging Ayam mulai Naik

Ayam yang dijual itu merupakan ayam jago. Dimana, harga yang ditawarkan lumayan mahal yakni bekisar antara Rp 1 - 4 juta setiap satu ekornya. Biasanya pembelinya adalah mereka yang melintas di jalan raya. "Kadang ada sopir truck juga beli," katanya.

Meski letak bedak dagangannya dengan tempat ayam berdampingan, Sukarni mengaku tidak merasa terganggu karena ayam tersebut dikurung. Selama ayam tersebut ada di pasar buah, ia juga tak menncium bau kotorannya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo, Taufik Alami, saat dikomfirmasi belum merespon. Panggilan telepon tak diangkat, begitu juga pesan singkat whatsapp juga tak dibalas. (zr/don)