Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2020-11-04 23:04:05

Pasar Loak Karangketug Terbakar, 82 Bedak Ludes Dilalap Si Jago Merah

MEMBARA: Petugas dan warga berupaya memadamkan api yang membakar Pasar Loak Karangketug. Kebakaran itu menghanguskan 10 bedak dan 72 los bedak.

PASURUAN, TADATODAYS.COM - Pasar Loak Karangketug, Keluruhan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pasuruan ludes dilalap si Jago merah, Rabu (4/11/2020) sekira pukul 19.00 WIB. Total ada 82 bedak yang ludes terbakar. Terdiri dari 72 los bedak dan 10 bedak. Kerugian akibat peristiwa ini diperkirakan ratusan juta rupiah.

Dalam pantauan tadatodays.com peristiwa yang terjadi di pasar yang terletak di Jl. Gatot Subroto, membuat pemilik bedak terpukul. Tampak beberapa pedagang pasar menangis, sebagian lainnya hulir mudik menyelamatkan barang-barang yang masih tersisa.

Baca Juga : Pabrik Kasur Pegas di Jember Terbakar, Warga Panik dan Berhamburan

Menurut salah satu pemilik bedak sepatu bernama Ahmad Lutfi, 42, mengatakan, ia tak mengetahui pasti penyebab kebakaran tersebut. Tiba-tiba api yang diketahui bermula dari los loak sisi selatan sebelah timur membesar dan membakar bedak di sekitarnya. “Banyak masyarakat yang lambat mengetahui, yang tahu pertama tukang parkir,” katanya.

Baca Juga : Diduga Akibat Arus Pendek Listrik, Rumah di Kanigaran Terbakar

Muhammad Rafi, 41, salah seorang pedagang lainnya mengatakan, hampir seluruh bagian pasar yang mulai ditempati sekira tahun 2013 itu terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa. “Masih belum tahu penyebabnya. Ini proses pemadaman masih dilakukan. Untungnya tidak ada korban jiwa,” terangnya.

Sementara itu, total ada 5 damkar yang diterjunkan untuk memadamkan api. “Rinciannya, 3 unit mobil damkar dari BPBD Kota Pasuruan dan 2 unit lagi dari BPBD Kabupaten Pasuruan,” kata Herman, salah seorang anggota damkar.

Sementara itu, Kepala UPTD Pasar Pasuruan Ridho Wijaya menuturkan, pihaknya belum mengetahui pasti jumlah kerugian akibat peristiwa tersebut. Namun, api berhasil dipadamkan sekira 1 jam. Rencananya, pedagang yang bedaknya terbakar, akan direlokasi di sisi kantor pasar Karangketug. (ang/hvn)