Bryan Bagus Bayu Pratama


Wartawan Tadatodays.com | 2022-01-10 14:26:21

Pasca Banjir, 30 KK di Mangli Masih Terisolir

PASCA BANJIR: Petugas BPBD Kabupaten Jember membersihkan material lumpur di rumah warga Kelurahan/Kecamatan Mangli, Senin (10/1). Selain membersihkan lumur di dalam rumah warga, pembersihan juga dilakukan di jalanan setempat yang rusak diterjang banjir.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Banjir besar yang melanda Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Minggu (9/1) kemarin, membuat sebanyak 30 KK di Perumahan Bumi Mangli Indah kesulitas akses keluar rumah. Hingga kini, ratusan warga dari 30 KK tersebut masih terisolir.

Terisolirnya warga itu karena jalanan yang kondisinya rusak parah, akibat derasnya air banjir yang menggerus jalanan. Jalan yang bermaterialkan paving pun rusak dan ambles.

Susanto, warga setempat mengatakan, banjir kemarin sore itu menyebabkan jalan di lingkungannya rusak parah. “Pavingan terangkat, dan tanah ambles sedalam 2 meter," kata Susanto, Senin (10/1) pagi.

Saat ini, warga dari 30 KK membutuhkan bantuan kebutuhan pokok berupa alat memasak, pakaian, dan peralatan bayi.

Tak hanya itu, saluran air bersih PDAM masih putus karena putusnya saluran PDAM. "Sekarang kami membutuhkan air bersih, salah satunya untuk membersihkan rumah yang kotor akibat lumpur," ujarnya.

Warga lain, Ivo mengatakan bahwa dirinya kesulitan untuk memasak makanan. Hal itu, mengakibatkan dirinya susah untuk memasak air untuk susu anaknya karena kompornya rusak.

Sementara, Penta Satria, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember mengatakan, dalam upaya pembersihan pasca bencana petugas dan relawan terus bekerja keras untuk membersihkan material lumpur. “Utamanya, lumpur yang berada di dalam rumah warga,” katanya.

Selain pembersihan material, BPBD juga berupaya untuk pemenuhan makanan korban banjir. (bp/don)