Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2022-01-05 20:44:49

Pasca Kebakaran TPA, DLH Beli 4 Truk Sampah Senilai Total 4 Miliar

PENGADAAN: Truk tersebut merupakan salah satu truk sampah baru yang telah dibeli DLH Kota Probolinggo. Pengadaan armada baru itu dilakukan pasca kebakaran hebat melanda TPA Bestari, Minggu (29/8/2021) lalu.

PROBOLINGGO, TADATODAYS - Kebakaran yang terjadi di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Bestari Kota Probolinggo, Minggu (29/8/2021) lalu, menghaguskan 5 armada truk sampah dan sejumlah fasilitas lainnya. Untuk itu, pada tahun anggaran 2022 ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat telah membeli 4 armada truk baru senilai total Rp 4 miliar.

Kepala DLH, Rachma Deta mengatakan bahwa pihaknya sudah memenuhi kebutuhan 4 truk sampah baru. Dengan rincian, dua truk amrol, satu unit dump truk dan 1 unit truk swiper. “Total anggaran APBD yang dikeluarkan 4 miliar,” katanya.

Baca Juga : DPRD Dorong Pemkab Banyuwangi Rehabilitasi Pasar Galekan yang Terbakar

Menurutnya, mulai tahun 2022 ini, truk baru tersebut sudah dapat dioperasikan untuk mengangkut sampah di wilayah tengah kota. Misalnya, di Jl. Suroyo dan Jl. Dr. sutomo.

Baca Juga : Ratusan Kios di Pasar Galekan Banyuwangi Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Sementara untuk pembangunan fasilitas yang terbakar, Rachma Deta belum memastikan kapan pembangunan akan dilakukan. “Menunggu Perubahan Anggaran Keungan tahun 2022,” ucapnya.

Diketahui, kebakaran di TPA Bestari pada 28 Agustus lalu itu baru pertama kali terjadi. Saat kejadian petugas sedang libur, dan hanya ada beberapa karyawan piket. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. (ang/don)