Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2020-08-02 17:47:20

Pasien Covid-19 Asal Tongas, Probolinggo Dimakamkan dengan Pengamanan Ketat

GOTONG: Petugas kesehatan ber-APD lengkap, menggotong peti berisi jenazah pasien yang terkonfirmasi positif covid-19.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pasien terkonfirmasi positif covid-19, berjenis kelamin wanita berusia 57 asal Desa Tambakrejo, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, meninggal dunia dalam masa perawatan. Ia menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit umum daerah Tongas pada Minggu (2/8/2020) pukul 08.40. "Ya almarhumah meninggal dengan covid dengan beberapa penyakit penyerta. Semoga khusnul hotimah," terang Juru Bicara Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Anang Budi Yoelijanto.

Pasien tersebut terkonfirmasi dengan komorbid di antaranya kencing manis dan jantung. Pasien tersebut semula terkonfirmasi setelah hasil swab keluar pada Kamis, tanggal 23 Juli 2020. Sedangkan sebelum dinyatakan terkonfirmasi positif, pasien tersebut memiliki riwayat sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) atau kategori suspect. "Kemudian dirawat, tetapi kondisinya terus memburuk dan akhirnya meninggal dunia," jelasnya.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Haul KH. Abdul Hamid Pasuruan Digelar Terbatas

Jenazah pasien tersebut dimakamkan sesuai standar prosedur protokol kesehatan pemakaman covid-19. Sedangkan pemeriksaan swab evaluasi masih belum dilakukan, karena  masih belum waktunya dilakukan evaluasi. "Alhamdulillah, semua pihak keluarga bisa menerimanya dengan ikhlas," ungkapnya.

Baca Juga : 7 Provokator Pengusiran Petugas Medis di Gunggungan Lor Pakuniran Akui Kesalahan

Sementara update situasi penyebaran Covid-19 untuk wilayah Kabupaten Probolinggo hari ini, Minggu (2/8/2020), menunjukkan bahwa total suspect berjumlah 31 orang. Untuk yang status terkonfirmasi positif covid-19 berjumlah 232 orang. Dengan rincian 31 orang dirawat, 194 orang sembuh, dan 7 orang meninggal.

Adapun Kapolsek Tongas, Iptu G. Wijayanto menyatakan bahwa dengan adanya informasi pasien covid-19 yang tutup usia, itu ada ketentuan protap-nya. Menurutnya berdasarkan protap dari Kapolres Probolinggo Kota, bahwa pihak kepolisian harus bekerjasama dengan pihak rumah sakit. "Kalo memang ada kasus-kasus serupa seperti ini, kita koordinasikan terutama dari pihak keluarga bersama aparatur desa. Agar tidak mudah terprovokasi dengan mempertimbangkan situasi di wilayah-wilayah lain, sehingga kami ciptakan situasi yang kondusif," ungkap Kapolsek Tongas, Iptu G. Wijayanto.

Semula jenazah pasien tersebut dibawah mobil ambulan RSUD Tongas hingga dikawal oleh mobil patroli Polsek Tongas dari RSUD Tongas menuju makam Islam Desa Tambakrejo, Kecamatan Tongas. Hingga tiba pukul 12.30, jenazah dikebumikan dengan protokol kesehatan yang dijaga ketat pihak kepolisian, koramil, dan pemerintah kecamatan setempat. "Proses pemakaman berjalan aman dan kondusif," terang Camat Tongas, Abdul Ghafur. (hla/hvn)