Febri Wiantono


Wartawan Tadatodays.com | 2021-04-03 19:12:52

Paus Mati Terdampar di Perairan Banyuwangi, Belum Dievakuasi

MAMALIA: Seorang nelayan Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, hanya bisa melihat bangkai seekor paus yang mati terdampar karena belum bisa dievakuasi.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Paus berukuran 6 meter dengan berat sekitar 15 kwintal, ditemukan mati di perariaran  Banyuwangi tepatnya di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Mamalia itu ditemukan pada Sabtu (3/4/2021), sekira pukul 12.30 WIB.

Paus jenis Orca itu ditemukan oleh Asep, seorang nelayan setempat. Asep langsung melaporkan penemuannya kepada pihak terkait. "Saya laporan ke aparat desa," kata Asep.

Asep menuturkan, keberadaan bangkai paus itu menganggu warga setempat. "Baunya itu," ujarnya.

Ia berharap agar petugas terkait segera melakukan evakuasi dengan mengubur bangkai paus, karena hewan tersebut dilindungi.

Sementara itu, Babinsa setempat Serka Nurhadi, mengatakan, pihaknya belum berani mengambil tindakan mengingat Paus Orca tergolong hewan yang dilindungi. "Masih menunggu arahan dari petugas terkait," katanya. Petugas terkait dimaksud, seperti  BKSDA, Dinas Kelautan dan aparat kepolisian.

Sebagai informasi, paus yang memiliki nama latin Orcinus Orca itu sampai sore tadi masih belum dievakuasi. Sehingga, bangkai mamalia itu menjadi tontonan warga  Desa Bangsring. (peb/don)