Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-31 18:59:16

PCNU Kota Kraksaan Maknai Harlah NU ke-95 dengan Kemandirian

TELADAN: Ketua PCNU Kota Kraksaan KH. Shihabuddin mengimbau warga nahdliyin menguatkan kemandirian.

KRAKSAAN, TADATODAYS.COM - Peringatan Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama ke-95, disambut dengan suka cita oleh seluruh warga nahdliyin. Baik yang di struktural, maupun kultural. Tak terkecuai PCNU Kota Kraksaan. Peringatan harlah tahun ini, dimaknai NU dengan memperkuat kemandirian dalam menghadapi tantangan kebangsaan.

Hal itu disampaikan Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Kraksaan KH. Shihabuddin. Menurut pria yang akrab disapa Kyai Shihab ini, tema harlah NU wajib diteladani oleh seluruh warga nahdliyin. Diketahui, tema harlah tahun ini yakni, “Khidmah NU: Menyebarkan Aswaja dan Meneguhkan Komitmen Kebangsaan”.

Baca Juga : Peringati Harlah 95, PCNU Kota Probolinggo Instruksikan Istighotsah dan Tahlil

“Karena kita tahu, kita punya misi menyebarkan dan memelihara islam Ahlussunnah Waljama’ah Annahdliyah,” terang kyai berkacamata ini. Paham Aswaja ini harus betul-betul membumi pada warga NU. Pasalnya, akhir-akhir ini memang banyak tantangan yang dihadapi.

Selain yang terlembagakan seperti Aswaja Center (Anuster), paham aswaja harus juga membumi. “Sehingga betul-betul kokoh. Alhamdulillah kita di PCNU Kota Kraksaan sedang galak-galaknya gerakan koin NU-Care. Ini suatu media bagaimana NU itu mandiri, disamping itu juga menyapa warga,” jelasnya.

Koin NU itu tidak hanya simbol kemandirian, namun juga upaya mendekatkan NU dengan jamaahnya. Karena nantinya, tak hanya paham aswaja saja yang disampaikan pada jamaah, namun juga kebangsaan.

 “NU berkomitmen membentengi negeri ini. Karena NU selama ini terus menggelorakan semangat cinta tanah air, seperti syair hubbul wathan minal iman. NU tetap membangun, membentengi, memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” jelasnya.

Sebagaimana langkah PBNU dan PWNU Jawa Timur menghadapi pandemi covid-19, NU menurut Kyai Shihab juga seiring sejalan dengan program pemerintah. Baik soal mematuhi protokol kesehatan, maupun soal vaksinasi. Ia juga meminta warga NU selalu beroa agar pandemi segera berakhir. (hla/sp)