Amelia Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-23 11:21:42

Peduli Lansia, Perwosi Gelar Seminar Kesehatan Lanjut Usia

DEMI KESEHATAN: Perwosi Kota Probolinggo menggelar Seminar Kesehatan Bagi Perempuan Lanjut Usia, sebagai upaya memberikan pemahaman agar lansia tetap sehat.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Tepat di momen peringatan hari ibu, Persatuan Wanita Olahraga Nasional (Perwosi) Kota Probolinggo menggelar seminar kesehatan bagi perempuan lanjut usia. Seminar tersebut dilaksanakan dengan maksud agar lansia tetap produktif meski tak lagi muda.

Seminar yang digelar di Orin Hall and Resto, Rabu (22/12/2021) tersebut dihadiri Ketua TP PKK Kota Probolinggo sekaligus narasumber Hj. Aminah Hadi Zainal Abidin. Kemudian, Ketua Perwosi Kota Probolinggo Diah Kristanti Soufis Subri, ketua Pokja 1-4 dan sekretariat TP PKK Kota Probolinggo, kader PKK dari 5 kecamatan, kader PKK dari 29 kelurahan, serta kader yang berusia 55 tahun ke atas.

Baca Juga : Belasan Tahun, Warga Mayangan Keluhkan Genangan Air

Dalam sambutannya, Ketua Perwosi Kota Probolinggo Diah Kristanti Subri mengatakan, tujuan digelarnya seminar ini di antaranya untuk memberikan pemahaman terutama pada peserta usia lanjut tentang perlunya memperhatikan kesehatan. Misalnya dengan rutin berolahraga.

Baca Juga : Dinkes Kota Probolinggo Menyiapkan Vaksin Booster dengan Sasaran 8.851 Lansia

PEDULI: Ketua Perwosi Kota Probolinggo Diah Kristanti Soufis Subri memberikan sambutan sebelum seminar kesehatan digelar. Ia berpesan agar perempuan lansia terus memperhatikan kesehatannya.

“Memiliki tubuh yang bugar hingga lanjut usia, adalah keinginan setiap perempuan. Oleh karenanya, Perwosi berharap para lansia bisa mencintai olahraga. Hal ini khususnya diperuntukkan bagi kader TP PKK yang lanjut usia,” terang istri mendiang almarhum Wakil Wali Kota Soufis Subri tersebut.

Seminar ini menurut perempuan yang akrab disapa Tanti tersebut diharapkan, bisa memberikan pengetahuan terkait kesehatan pada lansia. Khususnya dalam mewujudukan lansia sehat selama pandemi covid-19.

Sementara itu, Aminah Hadi Zainal Abidin yang menjadi narasumber dalam seminar tersebut mengatakan, seorang ibu terutama yang sudah lanjut usia, sangat penting menjaga kesehatan sejak dini. Pasalnya, peran ibu baik di sektor domestik maupun lingkungan sangat besar.

Layaknya rumah yang kokoh, Ibu menurut Aminah berperan sebagai pilar penopang. Lebih lanjut Aminah juga menggambarkan sosok ibu sebagai madrasah bagi anak-anaknya. Karena itu, perempuan juga perlu memiliki waktu sendiri untuk menjaga kesehatan dan penampilan. Karena seorang perempuan tingkat stresnya juga sangat tinggi.

“Ada beberapa hal positif untuk mengelola stres. Salah satunya dengan rohani. Melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti halnya olahraga dan ikut terlibat kegiatan sosial yang bermanfaat. Selain itu, anugerah parasa yang cantik dari Allah SWT juga perlu dijaga,” kata istri Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin tersebut.

Dalam seminar tersebut, Aminah juga tak lupa memberikan ucapa selamat pada peserta. Karena seminar tersebut bertepatan dengan momen Hari Ibu. “Pada hari istimewa ini, izinkan saya mengucapkan selamat hari ibu untuk seluruh ibu di Kota Probolinggo. Semoga kita menjadi ibu yang menjadi suri teladan buat anak-anak kita,” katanya.

DISKUSI: Dua narasumber dihadirkan dalam kegiatan seminar tersebut. Di antaranya Ketua TP PKK Aminah Hadi Zainal Abidin dan tenaga kesehatan Puskesmas Jati dr. Adinda Dianing Safitri.

Di sisi lain, dr. Adinda Dianing Safitri, dokter Puskesmas Jati yang juga menjadi narasumber mengatakan, ada beberapa keluhan penyakit yang sering dialami oleh perempuan khususnya ibu lanjut usia. “Seperti hipertensi, diabetes militus, kanker payudara, dan kanker serviks,” terangnya.

Dokter yang juga konsultan kesehatan ini mengatakan, dari sejumlah riset ditemukan bahwa kematian tertinggi pada seorang perempuan terjadi karena kanker serviks dan kanker payudara. Salah satu penyebabnya karena rendahnya kesadaran perempuan dalam menjaga kesehatan. saat usia lanjut, maka penyakit kemudian muncul.

“Oleh karenanya, ayo ibu-ibu lebih peduli lagi terhadap kesehatannya. Sayangi tubuh kita sejak dini. Apabila dirasakan ada keluhan, segerakan periksa ke Puskesmas terdekat,” terang perempuan yang akrab disapa Dokter Dinda tersebut. (*/mel/sp)