Lailiyah Rahmawati


Wartawan Tadatodays.com | 2021-02-15 20:28:35

Pelantikan Kepala Daerah Belum Jelas, Beredar Surat Penunjukan Plh

PASURUAN, TADATODAYS.COM - Kabar tanggal pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan  terpilih, masih belum ada kepastian. Jika sebelumnya dikabarkan pelantikan akan diselenggarakan besok (16/2/2021), namun hingga kini Pemkot Pasuruan belum menerima surat soal pelantikan.

Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Kota Pasuruan, Alyasa Akbar mengatakan, sampai hari ini (15/2/2021) pihaknya belum menerima pemberitahuan resmi mengenai pelantikan kepala daerah Kota Pasuruan.

Baca Juga : Gus Ipul dan Mas Adi Jawab Tantangan Gubernur Jawa Timur

Alyasa menyampaikan, kalaupun pelantikan dilaksanakan diundur pada tanggal 17 Februari mendatang, seharusnya sudah ada pemberitahuan sehari sebelumnya. “Tak masalah,” katanya.

Baca Juga : Gus Ipul dan Mas Adi Dilantik, Parpol Pendukung siap Bantu Melalui Kritik Membangun

Hal yang sama disampaikan oleh ketua DPD Partai Golkar Kota Pasuruan, M. Toyib. Sampai Senin ini, ia belum menerima undangan atau pemberitahuan pelantikan tersebut. Ia pun berharap agar pelantikan segera dilaksanakan. “Karena ada banyak PR yang harus segera Gus Ipul dan Mas Adi kerjakan," terang Toyib.

Di tengah ketidakpastian jadwal pelantikan Wali Kota dan Wawali Pasuruan, tadatodays.com memperoleh sebaran Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri RI yang ditujukan pada Gubernur, tentang penugasan pelaksana harian (Plh) kepala daerah.

Dalam surat nomor 120/738/OTDA tersebut di poin 3 tertulis" Sehubungan dengan hal tersebut di atas untuk menjamin kesinambungan penyelenggaraan Pemerintahan di daerah yang Bupati/Wali Kota yang masa jabatannya berakhir bulan Februari 2021 dan tidak ada sengeketa hasil Pemilihan Kepala Daerah. Diminta saudara Gubernur menunjuk Sekretaris Daerah sebagai pelaksana harian Bupati/Wali Kota sampai dengan dilantiknya penjabat Bupati/Wali Kota terpilih". (ly/don)