Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2020-11-22 20:19:44

Pemakai Masker Berkurang, Satgas Bakal Gelar Operasi Yustisi Kembali

SATGAS: Ugas Irwanto, Koordinator Pengamanan dan Penegakan Hukum Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 berencana menggelar operasi yustisi pemakaian masker kembali. Pasalnya, kini pemakai masker di tempat umum dinilai semakin berkurang.

Seperti dikatakan Ugas Irwanto, Koordinator Pengamanan dan Penegakan Hukum Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga : Kemensos Siapkan Bantuan Sosial Rp 15 Juta, Bagi Ahli Waris Pasien Covid-19 yang Meninggal Dunia

"Kita dalam waktu dekat akan lakukan operasi lagi, karena memang saya melihatnya sudah banyak pelanggaran. Ini menjelang natal kita akan ingatkan lagi, agar ketika perayaan natal dan tahun baru nantinya mereka sudah menerapkan protokol kesehatan" sampainya. Minggu (22/11/2020).

Baca Juga : Meski Status Oranye, Pemkot Pasuruan Galakkan Lagi Operasi Masker

Operasi yustisi penerapan protokol kesehatan ini juga dilakukan guna persiapan menjelang perayaan natal dan tahun baru.

Lebih jauh Ugas mengatakan, penyebab dari penurunan tingkat kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan salah satunya dipicu dari perkembangan pasien positif covid-19 yang tidak naik secara signifikan. Memang hampir setiap hari ada yang terkonfirmasi, namun setiap itu pula ada pasien yang sembub dengan jumlah semakin banyak.

"Karena kalau dilihat dari realita di lapangan yang terkena covid-19 kategori OTG (orang tanpa gejala, red) itu semuanya sembuh. Yang meninggal karena memang ada penyakit bawaan, sehingga masyarakat mengentengkan itu," tuturnya.

Meski angka kasus positif covid-19 mengalami penurunan, pihaknya tetap akan menggelar operasi yustisi tersebut. Karena itu merupakan tugas dan kewajiban satgas untuk terus mengingatkan masyarakat pentingnya menjaga protokol kesehatan. Khususnya penggunaan masker.  Sehingga dapat menekan angka pasien terkonfirmasi positif covid-19.

"Memang masyarakat ini setelah diingatkan lupa lagi. Saya lihat juga banyak yang memakai masker, tapi ada penurunan, kita sebagai satgas tetap akan ingatkan lagi," tutup Kepala Kesbangpol itu. (zr/hvn)