Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-10-05 14:03:14

Pembangunan Mapolsek Kanigaran Rampung, Pemkot Kembali Alokasikan Dana Hibah Rp 990 Juta

MARKAS: Gedung Mapolsek Kanigaran telah berdiri dan siap ditempati. Akan tetapi, pemanfaatan layanan kepolisian itu masih menunggu pencairan dana hibah dari Pemkot Probolinggo.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo  menyiapkan dana hibah Rp 990 juta untuk Markas Polsek Kanigaran. Meski sudah rampung dikerjakan pada tahun 2020, tapi kantor kepolisian yang baru itu, hingga bulan Oktober 2021 belum juga difungsikan. Pasalnya, Pemkot tak melunasi sisa pembayaran tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR-Perkim) Agus Hartadi mengatakan, anggaran Rp 990 juta bersumber dari dana hibah Pemkot. Anggaran tersebut disiapkan untuk melunasi kekurangan biaya pembangunan Mapolsek Kanigaran.

Baca Juga : Peringati Hari Santri 2021, Pemkot Probolinggo Menggelar Gowes hingga Vaksinasi

Menurutnya, suntikan dana itu sudah sesuai kesepakatan antara pihak pelaksana proyek dan Pemkot. "Mekanismenya memang begitu, kekurangan bayar akan dilunasi setelah P-APBD (2021)," ujarnya.

Baca Juga : Peringati Hari Santri 2021, Pemkot Probolinggo Gelar Gowes hingga Vaksinasi

Sementara itu, Ketua Komisi 3 DPRD setempat, Agus Riyanto mengatakan jika anggaran sebesar Rp 990 juta yang disiapkan Pemkot untuk Mapolsek Kanigaran itu, perlu ditender. Namun, untuk anggaran tersebut dalam P-APBD tahun 2021 masih belum. "Kalau Perubahan Anggaran Keuangan tahun 2022 itu, ada. Rabu akan dibicarakan," katanya.

Sementara itu, Ketua Badan Anggaran DPRD Kota Probolinggo, dr. Aminuddin mengatakan alokasi anggaran untuk Mapolsek Kanigaran tidak ada persoalan. Menurutnya, kekurangan senilai Rp 990 juta sudah masuk di Perubahan APBD 2021. "Sebentar lagi realisasi," ujarnya. (ang/don)