Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-07-28 15:28:49

Pemkab Jember Perbanyak Kegiatan Pulihkan Ekonomi pasca Pandemi

JEMBER, TADATODAYS.COM - Pemerintah Kabupaten Jember menyusun rencana pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 dengan metode memperbanyak kegiatan yang melibatkan partisipasi pelaku usaha kecil dan menengah. Hal itu disampaikan oleh Bupati Jember Hendy Siswanto, Kamis (28/7/2022).

Bupati Hendy mengatakan, pemerintah daerah harus segera mengejar kebangkitan perekonomian, setelah dua tahun terakhir terdampak wabah Covid-19. Sejumlah kegiatan yang diharapkan bisa memulihkan kondisi perekonomian Kabupaten Jember adalah memanfaatkan peringatan HUT RI ke 77 dengan beraneka ragam kegiatan dan acara menarik masyarakat.

Baca Juga : Belasan Usulan Raperda Terancam Tidak Terbahas gegara Kajian Belum Siap

Sebagai awalan, Pemkab Jember menggelar kegiatan Pekan Raya Jember (PRJ), sebuah event pameran kreatif yang berlangsung selama seminggu. Langkah ini ternyata efektif, lantaran mampu menyedot perhatian masyarakat karena ada beragam pertunjukan. “Efektif juga karena masyarakat banyak yang hadir UMKM yang ada bisa bergerak ekonominya,” katanya.

Baca Juga : Pemkab Jember Pastikan Tambak SMKPK Tidak Berizin

Dalam bulan Agustus, akan digelar ajang karnaval bergengsi tingkat dunia, yaitu Jember Fashion Carnaval (JFC). Acara ini sendiri telah menjadi agenda tahunan Pemkab Jember. Tidak hanya JFC, Pemkab Jember juga merancang sebuah event berkelas internasional, yaitu Ultra Marathon, yang diharapkan mampu menjadi daya tarik bagi bergairahnya perekonomian di Kabupaten Jember.

Hendy Siswanto menbambahkan, Pemkab Jember menggelar rangkaian kegiatan tersebut bertujuan untuk memulihkan perekonomian Kabupaten Jember. Menurut Hendy Siswanto, jumlah UMKM di Jember begitu banyak.

“Dengan partisipasi masyarakat yang tertarik untuk belanja atau membeli produknya, dengan sendirinya akan semakin banyak orang berdatangan untuk berbelanja. Tujuan digelarnya event-event ini adalah untuk memulihkan ekonomi Jember,” katanya.

Hendy optimis, jika digerakkan secara bersama-sama, maka peluang pulihnya perekonomian semakin cepat. Apalagi dengan jumlah penduduk 2,6 juta, ini sebuah kekuatan yang mampu mengangkat perekonomian lokal. (*/as/why)