Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-08-05 21:09:35

Pemkab Jember Tanggung Biaya BPJS Ketenagakerjaan Ketua RT-RW

BAHAGIA: Perwakilan Ketua RT dan RW di Jember menerima kartu BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis dari Bupati Hendy Siswanto.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Pemkab Jember mengikutsertakan ketua RT dan RW se Kabupaten Jember, dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Program tersebut tertuang dalam nota kesepakatan yang ditandatangani Bupati Jember Hendy Siswanto dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Jember R. Edy Suryono, Kamis (1/6/2021) lalu. Sementara penyerahan kartu BPJS dilakukan pada Kamis (5/8).

Penyerahan itu dilakukan secara simbolis oleh Bupati Jember Hendy Siswanto, kepada perwakilan RT/RW di Pandapa Wahyawibawagraha.

Baca Juga : Bupati Jember Lantik 132 Pejabat, 168 Jabatan Masih Kosong

Hendy mengatakan, Pemkab Jember mengikutsertakan ketua RT dan RW dalam program BPJS Ketenagakerjaan merupakan wujud kepedulian terhadap perangkat pemerintah. "Ini menjadi garda terdepan yang membantu kita," ujarnya.

Baca Juga : Pemkab Jember Alokasikan Rp 150 Miliar untuk Bantuan Uang Tunai dan Sembako

Adapun manfaat yang akan didapatkan para ketua RT dan RW melalui program tersebut, ialah perlindungan kecelakaan kerja serta santunan kematian. Sejauh ini, telah ada satu ketua RT yang mendapatkan manfaat kartu BPJS ketenagakerjaan lantaran meninggal dunia. "Santunan 42 juta, 4 juta untuk kesehatan ahli waris kemudian juga 360 ribu diberikan selamanya kepada ahli waris," ujarnya.

Sementar itu, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Adi Wijaya mengatakan, jumlah ketua RT/RW di Kabupaten Jember yang akan meneirma kartu BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 16.522 orang.

Namun karena masih terkendala teknis, saat ini yang berhasil dihimpun baru 16.490 orang. Dalam waktu dekat, pihaknya berjanji akan mempercepat kekurangan yang belum terpenuhi tersebut. "Terkendala NIK dan lain sebagainya,” kata Adi. (as/don)