Muhammad Musleh


Wartawan Tadatodays.com | 2020-10-02 10:03:32

Pemkab Mulai Intervensi Pupuk Organik di Lumajang

ORGANIK : Bupati Thoriqul Haq dan Wakilnya Indah Amperawati ikut memantau hasil panen padi organik yang saat ini menjadi salah satu unggulan pertanian Lumajang.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq bersama Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, melakukan panen padi organik di wilayah kerja Kelompok Tani "Tani Sejati" Desa Tukum, Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang, Jum'at (02/10/2020) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lumajang menyampaikan, salah satu prioritas Pemerintah Kabupaten Lumajang yaitu disektor pertanian, mengingat potensi pertanian di Lumajang sangat luar biasa. Dirinya mengaku senang dengan perkembangan pertanian budidaya komoditas padi organik di Desa Tukum.

Baca Juga : Pupuk Langka, Gapero Sarankan Tanam Tembakau Tanpa Pupuk

"Semoga ini menjadi komitmen bagi kami dengan petani untuk memajukan pertanian organik di Kabupaten Lumajang, karena pertanian organik juga dapat menghasilkan pertanian yang baik dan dapat berpengaruh terhadap tanah yang ditanami padi organik," ujarnya.

Baca Juga : Kepala Gudang Penyanggah, Tolak Pupuk Dikatakan Langka

Selanjutnya, Bupati berpesan kepada Dinas Pertanian dapat memberikan perhatian terhadap pengembangan padi organik. Ia juga berkeinginan agar konsep pertanian Kelompok Tani "Tani Sejati" dapat ditularkan kepada petani-petani lainnya, agar produksi padi tidak terkontaminasi dengan pupuk yang terbuat dari bahan kimia.

"Saya senang terhadap hasil pertanian yang ada di Desa Tukum, karena padi normal yang ditanam dengan cara normal dan menggunakan pupuk organik, sehingga panen padi lebih cepat dan hasil padinya juga baik. Semoga pupuk organik hasil produksi para petani ini dapat menyelesaikan problem para petani terkait kelangkaan pupuk," tambahnya.

Sementara itu, Bunda indah berpesan agar pupuk organik yang diproduksi oleh para petani bisa diintervensi oleh pemerintah. Dirinya meminta Dinas Pertanian melakukan uji lab pupuk organik tersebut, sehingga nantinya petani akan mengetahui kandungan di dalam pupuk organik yang diproduksi sendiri.

"Ayo para petani bersama-sama dengan pemerintah meningkatkan produk hasil pertanian di Kabupaten Lumajang dengan menggunakan pupuk organik," imbuhnya.