Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2022-08-04 16:31:51

Pemkab Probolinggo Peringati HUT ke-77 Republik Indonesia; Resmikan WHJR, Gowes Kemerdekaan, dan Bagikan Bendera Merah Putih

DOORPRIZE: Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko memberikan hadiah sepeda pada peserta gowes yang beruntung.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemkab Probolinggo punya seabrek kegiatan untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia. Di antaranya meresmikan Wisata Hutan Jati Raya (WHJR), gowes, dan juga bagi-bagi bendera merah putih ke warga setempat.

Kegiatan tersebut diselenggarakan, Kamis (4/8/2022). Hadir dalam kesempatan itu Plt. Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko. Sebelum peresmian WHJR dan bagi-bagi bendera, dilakukan Gowes Kemerdekaan yang dilepas Plt Bupati dan diikuti ratusan masyarakat.

Baca Juga : Rutan Kraksaan Ajukan Remisi untuk 243 Napi di HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Baca Juga : Pandemi Melandai, Penjualan Bendera Merah Putih Meningkat

GOWES: Ratusan peserta Gowes kemerdekaan bersiap menempuh jarak 4,8 kilometer menuju garis finish di WHJR. Peserta dilepas langsung Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko.

Gowes Kemerdekaan ini mengambil start di SMP Negeri 1 Banyuanyar sekira pukul 07.00 WIB. Selanjutnya rombongan Gowes Kemerdekaan bergerak menempuh jarak 4,8 kilometer menuju garis finish di WHJR yang ada di Desa Liprak Kidul, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo.

Usai peserta Gowes Kemerdekaan tiba di WHJR, Timbul –sapaan akrabnya- secara simbolis meresmikan WHJR Banyuanyar. Peserta juga dihibur musik elekton dan pengundian doorprize. Selain itu, juga dibagikan sejumlah bendera merah putih untuk dikibarkan di rumah masing-masing.

BAGI BENDERA: Aksi bagi bendera merah putih juga dilakukan dalam rangkaian peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia. Tampak Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko membagikan bendera merah putih pada warga.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Timbul Prihanjoko mengatakan, fasilitas WHJR Banyuanyar sudah lengkap. Fasilitas umum seperti toilet, musala, tempat parkir, dan sebagainya sudah tersedia. “Fasilitas WHJR sudah lengkap, tinggal pengelolaannya. Insyaallah akan banyak pengunjung. Itu juga tergantung peran masyarakat Banyuanyar, terutama anak mudanya. Manfaatkan media sosial untuk promosi,” katanya memberi saran.

Pria berkacamata ini mengapresiasi pemerintah desa, BUMDes, dan warga setempat yang bahu-membahu membangun desanya. Tanpa pelibatan seluruh unsur masyarakat, maka potensi desa tidak akan tergarap maksimal.

BANGGA: Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko foto bersama usai meresmikan WHJR yang menjadi kebanggaan masyarakat Desa Liprak Kidul, Kecamatan Banyuanyar. Timbul berpesan agar seluruh pihak menjaga dan mengelola WHJR dengan baik.

“Pemanfaatan potensi desa juga pasti mengerek perekonomian, karena ada ruang-ruang bagi entrepreneur mengembangkan potensinya. Selain itu, akan semakin banyak wadah kreativitas yang lahir melalui desa. Sekali lagi saya ucapkan selamat dan apresiasi pada Kades Lipral Kidul dan para pemuda-pemudanya,” jelasnya.

Pria yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Probolinggo ini berharap WHJR tersebut dikelola dengan baik. Sehingga kerja keras hari ini, tidak sia-sia ke depannya. Dengan begitu, Desa Liprak Kidul akan dikenal luas tidak hanya di kabupaten Probolinggo, namun juga di luar Probolinggo. (*/hla/sp)