Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-12 20:11:26

Pemkab Probolinggo Siap Gelar Pelantikan Kades Terpilih

PERSIAPAN: Pemkab Probolinggo telah menggelar gladi bersih kegiatan pelantikan kades terpilih di Gedung Islamic Center Kraksaan, Selasa (12/4/2022).

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemkab Probolinggo sudah melakukan persiapan pelantikan kades terpilih hasil Pilkades serentak pada 17 Februari 2022. Pelantikan tersebut akan digelar pada Rabu (12/4/2022), di Gedung Islamic Center (GIC) Kraksaan, berbarengan dengan pelantikan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) tingkat Kecamatan. 

Dari pantauan tadatodays.com di GIC pada Selasa sore (12/4), terlihat panitia pelantikan sedang sibuk melakukan persiapan. Mulai dari menata kursi, sekaligus melakukan gladi resih agar pelantikan besok berjalan lancar.

Baca Juga : Pilkades Serentak Rampung, Tapi 4 Desa di Probolinggo Masih Dijabat Pj

Pejabat Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat Muda pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo, Muhammad Idris menjelaskan kalau di GIC sendiri akan dihadiri sekitar 630 peserta.

Baca Juga : Timbul Ajak 249 Kades yang Dilantik untuk Mengentas Kemiskinan

Peserta tersebut terdiri dari kades terpilih, pendamping kades terpilih, TP PKK yang akan dilantik dan para tamu undangan. Dengan jumlah itu maka, pengaturan jarak kursi telah ditetapkan. Setiap peserta juga wajib memakai masker dan sarung tangan. "Kades dilarang membawa pendukung," katanya.

Idris menerangkan kalau persiapan pelantikan sudah hampir 100 persen. Termasuk rencana pemberangkatan bersama kades terpilih dari kantor kecamatan masing-masing. Pemberangkatan akan dikoordinir langsung oleh pihak kecamatan, baik menggunakan satu mobil atau dengan mobil masing-masing kades. "Kalau bisa ya satu mobil," ucapnya.

Disamping itu, Ketua Apdesi Kabupaten Probolinggo, Hasanudin menyatakan kalau anggotanya sudah siap untuk melaksanakan pelantikan tersebut. Pihaknya juga telah mengimbau kepada semua kepala desa terpilih untuk tidak melakukan arak-arakan atau konvoi. "Utamanya di jalur pantura," katanya.

Ia berharap pelantikan dapat berjalan lancar tidak ada hambatan apapun. (zr/don)