Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-05-31 21:16:19

Pemkab Probolinggo Siapkan Pupuk Gratis, Ini Syaratnya

PUPUK HIBAH: Pemkab Probilinggo kembali menyiapkan pupuk hibah gratis kepada petani tembakau di wilayahnya, tapi dengan syarat petani penerima harus masuk dalam sistem data DKPP setempat.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Dinas Ketahanan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo di musim tembakau tahun 2021 ini, menyiapkan pengadaan pupuk hibah. Pupuk tersebut akan diberikan kepada petani secara gratis, dengan total anggaran Rp 959 juta.

Kabid Perkebunan pada DKPP setempat, Nurul Komaril Asri menuturkan,  saat ini pupuk tersebut masih proses lelang. Namun pihaknya sudah menentukan, bahwa untuk tahun ini pihaknya memilih pupuk NPK Fertila yang akan digunakan untuk hibah.

Baca Juga : Ditarget 10 Ribu Hektare Lebih, DKPP Tambah Dua Kecamatan Tanam Tembakau

Menurut Nurul, jenis pupuk NPK Fertila dipilih karena pupuk tersebut banyak manfaatnya, di antaranya dapat meningkatkan produksi tembakau, dan meningkatkan kualitas baik tanaman maupun daun tembakau. "Termasuk warnanya lebih bagus," katanya, Senin (31/5/2021).

Baca Juga : Gudang Siap Serap 30 Ribu Ton Tembakau Kabupaten Probolinggo

Setelah proses lelang selesai, maka akan dibelikan pupuk yang sudah dipilih dan akan diberikan kepada petani. Namun tidak semua petani tembakau yang akan mendapatkan pupuk hibah tersebut. Hanya petani-petani yang sudah mendaftar sejak tahun lalu.

Petani yang mendaftar tersebut juga sudah mendapatkan SK Bupati Probolinggo, dan masuk dalam sistem data DKPP setempat.

Menurut Nurul, sebenarnya, semua petani berhak mendapatkan hibah pupuk tersebut hanya saja harus mengajukan terlebih dahulu. Sehingga anggaran dapat disesuaikan dengan luas sawah yang akan ditanam. "Untuk 2022, sudah harus mengajukan dari sekarang," ujarnya.

Ia menambahkan kalau pihaknya akan segera menyelesaikan proses lelang, sehingga penyaluran bisa lebih cepat dan segera digunakan petani sebelum tembakau sudah mulai waktu tua. (zr/don)