Amelia Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2022-08-08 20:21:05

Pemkot Helsingborg Apresiasi Jalur Sepeda di Kota Probolinggo

PANTAU JALUR SEPEDA: Perwakilan Pemkot Helsingborg Peter Book dan Oscar Gronvall menjajal jalur sepeda di sela-sela kunjungannya di Kota Probolinggo. Mereka mengapresiasi perkembangan jalur sepeda di kota mangga yang menjadi komitmen kedua pemkot.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Setelah tertunda selama 2 tahun dikarenakan pandemi Covid 19, perwakilan Kota Helsingborg akhirnya bisa berkunjung ke Kota Probolinggo. Kunjungan ini merupakan akhir dari rangkaian kerjasama antara Kota Probolinggo dengan Kota Helsingborg terkait lokal demokrasi.

Kunjungan tersebut dilakukan selama empat hari. Yakni, mulai 31 Juli hingga 3 Agustus 2022. Diketahui, kerja sama yang difasilitasi oleh International Center for Local Democracy tersebut, implementasinya yakni pengembangan jalur sepeda di Kota Probolinggo.

Baca Juga : Ada 17 Proyek Fisik di Kota Probolinggo Tahun 2022

Dalam kunjungan ini, perwakilan Kota Helsingborg yang hadir adalah tenaga ahli lingkungan yakni Peter Book dan ahli transportasi Oscar Gronvall. Sejatinya, Wakil Wali Kota Helsingborg Lars Thunberg dan  Wakil Direktur NSR yang juga Steering Comittee Kota Helsingborg Nills Berner Lundgren dijadwalkan hadir. Namun batal karena sakit.

Baca Juga : 31 Muridnya Diwisuda Tahfidz, SMPN 3 Tepis Image Sekolah Nakal

Kunjungan dimulai Minggu (31/7/2022) dengan agenda bersepeda mengunjungi acara Kirab Belah Jimat Kelurahan Mangunharjo dan Gelar Diseminasi Pelayanan Terpadu Masyarakat (Gadis Penter Mas) di alun-alun. Dilanjutkan dengan Sarasehan Pengembangan Destinasi Wisata di Pantai Permata.

Selanjutnya, digelar pertemuan antara Steering Committee dan Working Group Kota Helsingborg dan Kota Probolinggo yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati di Gedung Puri Manggala Bhakti, Senin (1/8/2022). Pertemuan ini juga dihadiri Ketua DPRD Kota Probolinggo Abdul Mujib.

SALING MENDUKUNG: Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin menyerahkan suvenir pada Peter Book dan Oscar Gronvall saat Gala Dinner sebagai penghormatan atas kunjungan dan berakhirnya kerjasama antar kedua pihak.

Dalam pertemuan tersebut, dibahas sejumlah program. Di antaranya perkembangan kerjasama dalam pengembangan jalur sepeda; penataan kelembagaan Pemkot Probolinggo untuk meningkatkan kinerja; serta efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan, dan pembangunan.

Dalam pertemuan juga dibahas terkait potensi kerjasama dalam berbagai aspek. Seperti ekonomi biru, sirkular ekonomi, pembangunan berkelanjutan, energi terbarukan, industri 4.0, transportasi cerdas, peningkatan pelayanan kesehatan, dan pengelolaan teknologi informasi.

Namun, untuk kelanjutan kerjasama ini belum dapat diputuskan, karena masih memerlukan pembahasan terlebih dahulu di kedua belah pihak. Tetapi komunikasi yang telah terjalin antara kedua kota untuk saling berbagi pengalaman dan informasi, dapat tetap dilaksanakan.

Agenda selanjutnya dilaksanakan di Bappeda Litbang. Yakni, membahas terkait hasil survei persepsi masyarakat terhadap pengembangan jalur sepeda dan juga pengembangan paket wisata dengan bersepeda.

Selanjutnya, pada Selasa (2/8/2022) rombongan Tim Helsingborg bersepeda bersama dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Seperti Bappeda Litbang, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan juga komunitas sepeda.

Kegiatan yang dimaksudkan untuk melihat jalur sepeda di Kota Probolinggo itu mengambil start dari kantor Wali Kota Probolinggo di Jl. Panglima Sudirman, Jl. Dr. Sutomo, Jl. A Yani, Jl. D.I. Panjaitan, Jl. Soekarno Hatta, Jl. Supriyadi, Jl. Gubernur Suryo, dan beristirahat di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Maramis.

Perjalanan selanjutnya menyusuri rencana jalan tembus yang menghubungkan RTH Maramis dengan bundaran Gladak Serang. Rencananya, jalan ini nantinya akan menjadi jalur pejalan kaki dan sepeda. Kegiatan bersepeda dilanjutkan dengan menyusuri Jl. Cokroaminoto, Jl. Pahlawan, Jl. Suroyo, dan finish di kantor Dishub.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi terkait hasil pengamatan terhadap jalur sepeda. Termasuk kendala-kendala yang dihadapi dan langkah-langkah yang perlu dilakukan, agar jalur sepeda dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Serta rencaa pengembangan jalur sepeda lanjutan, agar saling terhubung satu dengan lainnya.

Tidak berhenti sampai di situ, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi di Bappeda Litbang terkait penanganan kecelakaan lalu lintas. Hadir dalam diskusi tersebut, Satlantas Polres Probolinggo Kota, PT. Jasa Raharja Kantor Cabang Probolinggo, dan juga Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Probolinggo.

Agenda kemudian berlanjut Rabu (3/8/2022). Rombongan dari Helsingborg diajak mengunjungi kegiatan Posyandu Mawar di Kelurahan Kedungasem, Kecamatan Wonoasih, yang menerapkan program Iuran Posyandu Bayar Sampah (Randu Basah). Yakni, sebuah inovasi kolaborasi dalam pengurangan sampah dengan pelayanan kesehatan masyarakat.

BERI APRESIASI: Peter Book dan Oscar Gronvall mengapresiasi program Randu Basah saat berkunjung ke Posyandu Mawar di Kelurahan Kedunggaleng. Keduanya juga sempat menghadiri Kirab Belah Jimat yang digelar Kelurahan Mangunharjo.

Dalam kegiatan yang dihadiri Camat Wonoasih Deus Nawandi dan Lurah Kedungasem Yudo Pratomo, mereka meninjau peran taman Posyandu serta masyarakat pada program tersebut. Inovasi ini diinisiasi Posyandu Mawar untuk memenuhi Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang berasal dari sumbangan sampah ibu balita saat mendatangi Posyandu.

Delegasi Helsingborg Oscar Gronvall mengaku terkesan dengan inovasi yang dilakukan Posyandu Mawar. Menurutnya, terdapat beberapa poin positif yang dapat diambil dalam inovasi ini.

“Tak hanya berdampak positif terhadap lingkungan, inovasi ini juga bernilai ekonomi. Dari hasil sampah yang disetor ke bank sampah, ini merepresentasikan konsep sirkular ekonomi yang juga kami terapkan di Helsingborg. Selain itu, anak-anak dapat memperoleh makanan tambahan sesuai dengan yang dibutuhkan,” jelasnya.

Siang harinya, dilanjutkan dengan presentasi dari Kota Helsingborg secara virtual yang disampaikan oleh Jens Gille dari DLH Helsingborg, terkait  pengelolaan lingkungan di Kota Helsingborg dan Lars Thunberg terkait inovasi H22 City Expo. Di mana inovasinya berkaitan dengan upaya meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Kota Helsingborg.

Delegasi Kota Helsingborg mengakhiri masa kunjungannya setelah selama empat hari. Sebelum bertolak kembali ke Swedia, digelar Gala Dinner di rumah dinas Wali Kota Probolinggo. Kedua pemerintah kota yang bekerja sama sejak 2017 tersebut, saling memberikan kesan dan pesannya.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Probolinggo Hadi Zaial Abidin menyampaikan, persahabatan yang telah terjalin akan terus dilanjutkan. Yakni, dengan tetap saling berbagi informasi yang mendukung optimalnya pelaksanaan pembangunan kedua kota.

“Kami berharap, antara Pemkot Probolinggo dan Pemkot Helsingborg, tetap menjaga komunikasi dan terus berkabar terhadap perkembangan-perkembangan yang ada. Semoga Peter Book dan Oscar Gronvall ketika datang ke sini, mendapat kesan yang baik,” ungkap Habib Hadi.

Sementara itu, Peter Book mengatakan, kerjasama antara kedua kota berakhir dengan baik. Karena, semua program kerja yang disepakati telah terealisasi. “Pertemuan malam ini merupakan pertemuan terakhir untuk program kerjasama ini, ada sedih juga. Namun di kesempatan ini, saya juga senang karena banyak perubahan di Kota Probolinggo,” katanya.

Delegasi Helsingborg kemudian bergeser mengunjungi Surabaya Intelligent Transport System (SITS) di Terminal Bratang untuk melihat pengelolaan transportasi di Kota Surabaya, Kamis (4/8/2022). Mereka didampingi Kepala Bappeda Litbang tartib Goenawan dan Kepala Dishub Agus Effendi. Setelah kunjungan ke SITS, rombongan kemudian memantau jalur sepeda yang ada di Kota Surabaya. (*/mel/sp)