Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-08-03 16:47:04

Pemkot Probolinggo Rehabilitasi Gedung Tiga Sekolah, Anggarannya Rp 1,5 Miliar

PERBAIKAN: Pemkot Probolinggo akan memperbaiki gedung SMPN 1 Kota Probolinggo. Selain SMPN 1, SMPN 4 dan SDN Kedopok 1 juga akan diperbaiki dengan total anggaran 1,5 miliar rupiah.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemerintah Kota Probolinggo akan merehabilitasi gedung tiga sekolah negeri yang mulai rusak. Di antaranya SMP Negeri 1, SMP Negeri 4 dan SDN Kedopok 1. Perbaikan gedung tiga sekolah tersebut menelan anggara APBD sebesar Rp 1,5 miliar.

Namun, perbaikan kontruksi bangunan masih dalam tahap lelang dan belum ada pemenangnya. Hal itu diketahui melalui website lpse.probolinggokota.go.id, Selasa (3/8/2021).

Baca Juga : PTM di Kota Probolinggo Segera Terealisasi, Tapi Hanya Perwakilan di Setiap Kecamatan

Dalam proses pendaftaran lelang, untuk rehabilitasi SD Negeri Kedopok 1 terdapat 44 pendaftar dengan nilai pagu Rp 225 juta, SMPN 1 sebanyak 56 peserta dengan pagu Rp 816 juta dan SMPN 4 sebanyak 54 peserta dengan pagu Rp 454 juta.

Baca Juga : Kembali Masuk PPKM Level 4, Disdikbud Tetap Akan Gelar PTM

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Maskur mengatakan rehabilitasi tiga sekolah itu karena kontruksi bangunan sekolah sudah rapuh. Selain masih proses lelang pengerjaan, pemkot sudah menyelesaikan pengerjaan Development Engeering Desain (DED).

Maskur menyampaikan, dalam rehabilitasi gedung SMPN 1 yang dibangun di era kolonial Belanda itu, pihaknya tidak mengubah struktur bangunan meski bangunan SMPN 1 tidak termasuk cagar budaya. "Hanya memiliki perjalanan sejarah,” kata Maskur. (ang/don)