Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-02-23 19:08:59

Pemkot Probolinggo Terima 1810 Vial Vaksin Tahap Dua

TAHAP DUA: Petugas DKP2KB Kota Probolinggo mengecek vaksin yang diterima dari Dinkes Jatim.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemkot Probolinggo kembali menerima vaksin Covid-19 dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Selasa (23/2/2021) sekira pukul 14.00 WIB. Vaksin tahap dua yang diterima sebanyak 1810 vial, dan akan disuntikkan ke 15 ribu lebih petugas pelayanan publik.

Mereka yang akan disuntik vaksin tahap dua yaitu, petugas Satpol PP, TNI-Polri, pegawai BUMD dan BUMN, petugas pasar, ASN dan non-ASN, ojek online, dan wartawan.

Baca Juga : Jumlah Vaksin Tahap Dua Jauh dari Kebutuhan

Plt Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB (DKP2KB) Kota Probolinggo, dr. Nurul Hasanah Hidayati mengatakan, vaksin tersebut masih disimpan di kantor dinkes. Sementara untuk proses vaksinisasi akan dimulai pada Rabu (24/2/2021).

Baca Juga : Puluhan Wartawan di Kabupaten Probolinggo Divaksin Sinovac

Menurutnya sasaran vaksin pada tahap dua ini cukup banyak. Sesuai pendataan yang masuk sementara ini, berjumlah kurang lebih 15.000 orang. “Jadi kami masih terus melakukan pendataan," ujarnya ditemui di kantornya.

Dari jumlah penerima vaksin, maka vaksinisasi ditargetkan rampung pada bulan April atau Mei mendatang. Untuk mengantisipasi penolakan, pemkot bakal melakukan sosialisasi terlebih dahulu. "Bahwa vaksin ini untuk meminimalisir penyebaran Covid-19," katanya

Ida, sapaannya menuturkan, untuk proses vaksin setiap instansi memiliki penanggung jawab. Untuk itu, siapa yang belum terdata dan sudah selesai divaksin akan dikontrol oleh penanggung jawab. "Misalnya wartawan ada 30, jadi 30 orang ini didata apakah ada gejala," ujarnya.

Sementara untuk vaksinasi tahap satu yang rampung dilakukan dengan sasaran tenaga Kesehatan, Ida menyebut tidak ada kendala secara teknis. Sebagian tenaga Kesehatan yang belum divaksin di tahap pertama, rencananya akan divaksin pada tahap kedua. (ang/don)