Tadatodays


Wartawan Tadatodays.com | 2021-10-26 13:59:39

Pendaftaran Ditutup, 37 Kelompok Berkontes Cipta Jingle Cegah Covid-19

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Masa pendaftaran dalam Kontes Jingle Cegah Covid-19 gelaran Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo bersama Tadatodays.com ditutup per Selasa (26/10/21) pukul 00.00. Sampai detik akhir masa pendaftaran tercatat ada total 37 peserta yang siap berkompetisi.

Kontes Jingle Cegah Covid-19 terbukti disambut antusias para musisi di Probolinggo. Terbukti, dalam masa pendaftaran yang hanya sepuluh hari, terdaftar 37 kelompok peserta. Sebagian dari mereka adalah musisi Probolinggo yang tidak cuma mampu memainkan lagu milik orang lain, tetapi sudah mampu menciptakan lagu sendiri.  

Baca Juga : SMKN 1 Dringu-SMPN 1 Dringu Raih Juara Favorit Kontes Jingle Cegah Covid-19

Peserta dalam kontes ini terbagi dalam dua kategori. Kategori I meliputi kelompok dari Instansi, Lembaga, Perusahaan dan Masyarakat Umum. Sedangkan Kategori II meliputi kelompok dari pelajar tingkat SMP/ SMA/ Mahasiswa dan pondok pesantren.  Adapun sejumlah 37 peserta yang terdaftar terdiri atas 26 kelompok dari kategori I, dan 11 kelompok dari kategori II.

Baca Juga : SMKN 1 Dringu dan SMPN 1 Dringu Raih Juara Favorit Kontes Jingle Cegah Covid-19

Setelah masa pendaftaran ditutup, panitia akan menjelaskan ketentuan teknis kontes ini dalam Technical Meeting secara virtual. Technical meeting dilakukan melalui zoom meeting pada Selasa sore. 

Ketua Panitia Kontes Jingle Cegah Covid-19 Hilal Lahan Amrullah mengatakan, dalam kontes ini, setiap kelompok peserta dibatasi terdiri atas minimal 3 orang dan maksimal 10 orang. Nantinya setiap kelompok menciptakan video jingle berdurasi maksimal 60 detik. Jingle berisi iringan musik dan lirik. Dalam video Jingle bisa diberi latar belakang kegiatan Protokol Kesehatan. Jingle yang dibikin diiringi minimal 2 alat musik, dengan jenis alat musik bebas. 

“Yang tidak kalah penting, lirik jingle mengandung pesan positif tentang upaya-upaya mencegahpenyebaran Covid-19 melalui vaksinasi dan Adaptasi Kebiasaan Baru, yaitu enerapkan protokol kesehatan,” papar Hilal.

Dalam lomba ini nanti akan dipilih 5 juara dari kategori I, dan 5 juara dari kategori II. “Para juara akan memperoleh hadiah dana pembinaan senilai total Rp 22 juta. Para pemenang juga akan memperoleh trofi dan sertifikat,” ujar Hilal.

Kontes Jingle Cegah Covid-19 diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo untuk memperluas sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang upaya-upaya pencegahan penularan Covid-19. Baik itu upaya melalui vaksinasi maupun penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Jadi, berkontes dan membuat jingle termasuk ikut berpartisipasi membantu pemerintah menyadarkan masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19,” kata Hilal. (ian/why)