Amelia Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2021-04-10 12:00:18

Pendaftaran NESC Resmi Ditutup, MAN 1 Kota Probolinggo Akan Gelar Technical Meeting

GENERASI UNGGUL: MAN 1 Kota Probolinggo bersiap menggelar TM dalam lomba NESC. Lomba tersebut untuk mencetak generasi muda yang punya kemampuan berbahasa asing. Tampak siswa-siswi MAN 1 Kota Probolinggo yang tergabung dalam English Club.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Masa pendaftaran event Neocec English Speech Contest (NESC) yang digagas MAN 1 Kota Probolinggo resmi ditutup, Kamis (8/4/2021). Total ada 13 peserta dari SMP/MTs se-Kota/Kabupaten Probolinggo yang mengikuti lomba tersebut.

Heri Yulianto, salah satu juri NESC mengatakan, pelajar yang mengikuti event tersebut cukup antusias meskipun saat ini masih dalam kondisi pandemi. Ia mengatakan, sejak dibuka masa pendaftaran, cukup banyak peserta yang mendaftar.

 “Kami menerima pengumpulan video peserta hingga 8 April 2021 pukul 00.00 WIB,” kata pria yang juga guru Bahasa Inggris dan pembina English Club di MAN 1 Kota Probolinggo tersebut. Tahapan selanjutnya setelah pendaftaran dan pengumpulan video adalah Technical Meeting (TM).

Rencananya, TM akan dilaksanakan Minggu (11/4/2021). Karena pandemi itu pula, pelaksanaan TM akan dilaksanakan secara online.

Pria yang akrab disapa Heri itu mengatakan, NESC merupakan salah satu upaya MAN 1 Kota Probolinggo mencari bibit unggul dalam kemampuan berbahasa Inggris. Tak hanya kemampuan berbahasa Inggris saja, ada sejumlah aspek yang menjadi penilaian dalam lomba tersebut.

 “Di antaranya kesesuaian konten pidato dengan tema, kelancaran dan ketetapan pronunciation, intonasi dan gesture tubuh, diksi atau pemilihan kata, dan ketepatan waktu dalam penyampaian pidato. Beberapa komponen ini yang harus diperhatikan oleh peserta,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Kota Probolinggo Siti Fatimah mengatakan, madrasah yang ia pimpin memang ingin mencetak generasi yang unggul dalam berbahasa asing. “Melalui NESC, kemampuan berbahasa anak-anak diharapkan meningkat. Seiring dengan kebutuhan era 4.0 dan 4.2, di mana generasi milenial harus punya kemampuan berbahasa Inggris,” jelasnya.

Selain itu, ia ingin mengenalkan program unggulan MAN 1 Kota Probolinggo. Tidak hanya Bahasa Inggris, namun juga program SKS dan IT. Serta keterampilan lain di bidang IPA, IPS, dan yang utama yakni agama. “MAN 1 Kota Probolinggo terus berkomitmen mencetak generasi unggul dalam Iptek dan Imtaq,” tegasnya. (mel/sp)