Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-09-15 16:02:40

Perbup Pilkades Probolinggo Segera Direvisi

PERATURAN: DPRD bersama Pemkab Probolinggo dan Apdesi, tidak lama lagi akan membahas revisi Perbup tentang Pilkades. Jika sesuai rencana, revisi itu akan disahkan pada September ini dan bisa dijadikan dasar saat Pilkades pada Februari 2022 mendatang.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemerintah Kabupaten Probolinggo bersama DPRD dan Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) setempat melakukan pembahasan Perbup tentang Pilkades yang akan berlangsung pada bulan Februari 2022 mendatang.

Pembahasan itu digelar di ruang Badan Anggaran (Banggar) Badan Musyawarah (Banmus) gedung DPRD setempat, Rabu (15/9/2021), sekira pukul 11.30 WIB. Dari pembahasan yang berlangsung hampir tiga jam itu, ada beberapa poin yang dibahas. Di antaranya mengenai Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang harus lunas, termasuk soal grade penilaian pendidikan dan usia bakal calon kades.

Baca Juga : DPRD-Apdesi Kompak Tolak Syarat Vaksin di Pilkades 2022

Oka Mahendra Jati Kusuma, Wakil Ketua DPRD yang memimpin pembahasan itu mengatakan agenda ini menyerap aspirasi Apdesi ataupun dewan. "Utamanya yang dibicarakan terkait muatan lokal," katanya usai pembahasa.

Baca Juga : Apdesi Usul Pelunasan PBB di Syarat Cakades Petahana Dihapus

Menurut Oka, pada dasarnya, perbup ini murni kewenangan dari eksekutif yang dalam hal ini Pemkab Probolinggo. Namun tidak ada salahnya jika perbup dapat menampung aspirasi masyarakat, sehingga dapat menemukan formula yang pas untuk dimasukan dalam setiap pasal perbup tersebut. Beruntung aspirasi tersebut ditampung oleh pihak eksekutif. "Yang kemudian akan direvisi," ujar dewan dari Fraksi Golkar ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Asisten I Pemkab Probolinggo, Heri Sulistyanto. Saat dimintai keterangan ia mengatakan kalau pihaknya tidak ingin menutup mata dalam pengesahan perbup. Ia akan sesegera mungkin menyampaikan semua usulan dan masukan tersebut kepada Plt Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko. "Insyallah hari ini juga kita komunikasikan," katanya.

Heri berjanji, hasil dari komunikasi dengan pimpinannya akan dilakukan komunikasi kembali dengan Apdesi dan DPRD. Sehingga jika nanti sudah disepakati maka akan langsung disahkan. "Mudah-mudahan September ini sudah tuntas," ujar Heri.

Diketahui, audiensi tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Andi Suryanto, dan ketiga wakilnya serta beberapa perwakilan fraksi. Lalu beberapa pejabat pemkab, seperti Kadis PMD Edy Suryanto, Bakesbangpol Ugas Irwanto dan OPD terkait. Serta beberapa perwakilan Apdesi DPC Kabupaten Probolinggo. (zr/don)