Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-08 20:16:08

Percepatan Vaksinasi, Petugas Puskesmas Glagah Datangi Rumah Warga

JEMPUT BOLA: Petugas vaksinator mendatangi rumah warga untuk memberikan suntikan vaksin covid-19. Pihak Puskesmas Glagah berharapan agarcakupan vaksinasi bisa melampaui target.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Puskesmas Glagah Kabupaten Probolinggo menggenjot percepatan vaksinasi covid-19 untuk seluruh lapisan masyarakat. Caranya, dengan mendatangi warga ke rumahnya. Hal itu dinilai lebih efektif karena langsung mendekati sasaran vaksinasi.

“Kalau kemarin, itu bola yang dating. Sekarang, kami yang menjemput bola. Jadi, kita melaksanakan vaksinasi dari pintu ke pintu di masing-masing RT/RW. Kami menyisir masyarakat yang belum vaksin, dari rumah ke rumah,” terang Kepala Puskesmas Glagah Totok Heryadi.

Baca Juga : Jika Terjangkit Omicron, Anak Bisa Terkena Diabetes

Pelayanan vaksinasi juga dibuka pada sore atau malam hari oleh sejumlah tenaga kesehatan puskesmas yang ada di desa. Hasilnya yang jelas capaian vaksinasi bertambah. Medan yang harus dilalui vaksinator juga lumayan berat. Karena di Kecamatan Pakuniran juga ada desa yang secara geografis berada di pelosok.

Baca Juga : Warung Mbak Sup, Sajikan Rujak Uleg Lezat yang Menggugah Selera

SOSIALISASI: Puskesmas Glagah terus melakukan sosialisasi, terutama ke warga agar terlibat dalam upaya menekan covid-19 dengan vaksinasi.

Pria yang juga merangkap sebagai Plt. Kepala Puskesmas Pakuniran ini mengatakan, percepatan vaksinasi kembali digelorakan pada rapat lintas sektor setelah pelaksanaan senam rutin. Seperti penjabat kepala desa, kepala desa, perangkat desa, dan forkompimka. Harapannya, capaian Puskesmas Glagah bisa mencapai target.

Misalnya, dosis satu umum sebanyak 80 persen dan dosis 1 lansia targetnya 60 persen. Adapun dalam satu pen ke depan, program percepatan vaksinasi tersebut akan dievaluasi. Desa mana yang capaiannya melebihi herd immunity 70 persen, desa mana saja yang capaiannya melebih 70 persen.

“Bagi yang belum mencapai 70 persen, tetap kami push dengan menyiagakan tenaga kesehatan kami. Kami juga melibatkan perangkat desanya, agar lancar. Saat ini capaian vaksin Puskesmas Glagah sebanyak 65 persen untuk dosis umum dan 45 persen untuk dosis lansia,” jelasnya. (*/hla/sp)