Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-11-26 23:51:16

Percikan Api di Dapur Membakar 4 Rumah Sekaligus

BERJIBAKU: Sebelum petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi, warga telah berupaya memadamkan besarnya api menggunakan air timba. Dari kebakaran itu, 4 rumah warga di Jl. Zainal Alim, RT 1 RW 6 Kelurahan Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo, hangus terbakar.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Sebanyak 4 rumah di Jl. Zainal Alim, RT 1 RW 6 Kelurahan Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo, hangus terbakar. Pemicu kebakaran diduga berasal dari percikan api dari dapur milik Misno, 60.

Peristiwa tersebut terjadi kala Misno sedang keluar rumah, Jumat (26/11/2021) sekira pukul 19.00 WIB. Warga sekitar yang mengetahui api sudah membesar, langsung berhamburan keluar rumah dan bahu-membahu memadamkan api menggunakan ari timba.

Baca Juga : DPRD Dorong Pemkab Banyuwangi Rehabilitasi Pasar Galekan yang Terbakar

Sementara sebagian warga menghubungi Call center 112 untuk meminta bantuan dari Petugas Pemadam Kebakaran Kota Probolinggo. Lantaran akses menuju lokasi kebakaran sulit dijangkau oleh mobil pemadam, membuat api dengan cepat menjalar ke 3 rumah lainnya.

Baca Juga : Ratusan Kios di Pasar Galekan Banyuwangi Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Selain rumah milik Misno, tiga rumah yang juga hangus milik Tole, 75, Budiyono, 35 dan Sudi, 45. Hingga pukul 23.00 Wib, petugas masih mendata jumlah kerugian.

Kasi Damkar setempat, Abdullah menuturkan dugaan sementara percikan api muncul dari dapur rumah milik Misno. “Dapat laporan, langsung menuju lokasi kebakaran,” ujarnya.

Dari pantauan tadatodays.com di lokasi kebakaran, ada 2 mobil damkar milik Pemkot Probolinggo dan 1 unit milik Pemkab Probolinggo yang diterjunkan. Akan tetapi, akses jalan yang sempit menghambat 20 petugas gabungan untuk menjangkau lokasi kebakaran.

Menurut Abdullah, setiap selang air memiliki panjang 20 meter. “Total 300 meter untuk dapat menyiram (api)," ucapnya. (ang/don)