Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-18 17:53:13

Peringatan Harjakapro Ke-276, Pemkab Probolinggo Gelar Resepsi dan Penyerahan Penghargaan

TRADISI: Potong tumpeng sudah menjadi kebiasaan Pemkab Probolinggo saban menggelar kegiatan peringatan Harjakapro. Seperti potong tumpeng yang dilakukan oleh Plh Bupati Probolinggo H. Soeparwiyono saat memperingati Harjakapro ke-276, dengan didhadiri jajaran Forkopomda, tokoh masyarakat dan ulama.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Kabupaten Probolinggo saat ini sudah berusia ke-276. Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) diperingati setiap tanggal 18 April. Nah, di momen Harjakapro kali ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menggelar resepsi di Pendapa Kabupaten Probolinggo, Senin (18/4/2022) pukul 16.30 WIB.

Sebelum resepsi digelar, Pemkab Probolinggo lebih dulu melakukan ziarah ke makam Bupati Probolinggo pertama Kiai Djojolelono, di Tempat Pemakaman Umum Kampung Sentono Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Senin (18/4) pukul 15.30 WIB.

Baca Juga : Cak Imin : Bersatulah Sesepuh dan Ulama NU di Pantura

Ziarah itu juga diisi dengan doa bersama yang dipandu oleh Rais Syuriah PCNU Kabupaten Probolinggo, KH Muharror Aziz. Selanjutnya tabur bunga diawali oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistyanto dan diikuti oleh pejabat OPD dan tokoh agama yang hadir pada ziarah makam.

Baca Juga : Peringatan Harjakapro Ke-276, Pemkab Probolinggo Menggelar Resepsi dan Penyerahan Penghargaan

Usai ziarah, kegiatan Harjakapro ke-276 dilanjutkan dengan kegiatan resepsi pada Seni malamnya. Rangkaian kegiatan tersebut dikemas dalam acara resepsi secara sederhana. Ada pemberian santunan anak yatim, pemberian bonus bagi atlet Kabupaten Probolinggo yang meraih medali di PON Papua.

REWARD: Penyerahan uang pembinaan kepada atlet Kabupaten Probolinggo yang meraih medali di ajang PON Papua, menjadi bagian dalam peringatan Harjakapro ke-276 di Pendapa Kabupaten Probolinggo, Senin (18/2/2022).

Selain itu, melalui UPT Dispenda Provinsi Jawa Timur, enam orang taat pajak kendaraan bermotor di wilayah Kabupaten Probolinggo diberi hadiah berupa souvenir. Lalu, penyerahan sejumlah sertifikat tanah oleh BPN Kabupaten Probolinggo kepada Sekda Kabupaten Probolinggo yang kini merangkap sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Probolinggo, H. Soeparwiyono.

Diketahui, penunjukkan H. Soeparwiyono sebagai Plh karena Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko sedang menjalankan ibadah umrah.

Selanjutnya, H. Soeparwiyo memotong nasi tumpeng. Potongan nasi tumpeng pertama diberikan kepada perwakilan tokoh masyarakat dan agama, yaitu Rais Syuriah PCNU Kabupaten Probolinggo KH. Muharror Aziz. Potongan tumpeng kedua diberikan kepada Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo David P. Duarsa, yang mewakili jajaran Forkopimda.

Dalam sambutannya, H. Soeparwiyono menyampaikan terimakasih atas kehadiran para undangan pada kegiatan Harjakapro ke-276. Ia juga menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa 1443 Hijriah. “Mudah-mudahan puasa kita diterima oleh Allah SWT. Semoga kita diberikan kemudahan dari segala macam cobaan, sehingga dapat melaksanakan puasa kita dengan sempurna sampai selesai,” katanya.

Ia menuturkan bahwa, Harjakapro ke-276 bersamaan dengan bulan Ramadan 1443 Hijriah. H. Soeparwiyono berharap agar pemerintah diberi kemampuan untuk memberikan kontribusi dan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat Kabupaten Probolinggo. “Saya mengajak kepada semunya, mari kita berikan pelayanan yang sebaik-baiknya untuk memberikan kesejahteraan yang seadil-adilnya kepada masyarakat di Kabupaten Probolinggo,” tuturnya.

Khusus kepada pejabat perangkat daerah, Plh Bupati Probolinggo mengajak untuk meningkatkan komunikasi, koordinasi, dan sinergi dengan seluruh stakeholder agar semua program dan kegiatan yang disusun dapat dijalankan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

RELIGI: Ziarah makam Bupati Probolinggo pertama Raden Djojolelono, selalu dilakukan oleh Pemkab Probolinggo setiap peringatan Harjakapro. Dalam ziarah itu juga dilakukan doa bersama.

Soeparwiyono juga terimasih kepada Forkopimda yang telah mendukung Pemkab Probolinggo. Sehingga pemkab dapat melaksanakan tugas  sesuai yang diharapakan masyarakat. Ia juga mengucapkan terimakasih dan memohon dukungan kepada seluruh tokoh masyarakat dan ulama. “Kami tidak dapat melaksanakan tugas dengan sempurna tanpa ada dukungan dari semua,” ujarnya.

Sementara saat penyerahan penghargaan bagi atlet Kabupaten Probolinggo yang meraih medali di ajang PON Papua, diketahui total uang penghargaan yang digelontorkan sebesar Rp 55 juta. Dengan rincian, peraih medali emas diganjar bonus Rp 15 juta, medali perak sebesar Rp 10 juta, dan medali perunggu Rp 7,5 juta.

Soeparwiyono menilai, para atlet yang mendapat penghargaan tersebut telah mengharumkan nama Kabupaten Probolinggo di kancah nasional. “Mudah-mudahan kalian sukses semua, dan dapat menginspirasi kepada yang lain,” ujarnya.

Diketahui, para atlet yang menerima penghargaan tersebut, di antaranya Sri Fatmawati dari cabor bulutangkis yang peraih medali emas nomor beregu dan medali perunggu nomor perorangan; Dhiemas Bayu peraih medali perak beregu cabor anggar; Siti Aisyah peraih medali perunggu beregu cabor taekwondo; Moh. Ervan peraih medali perunggu beregu cabor catur; dan M. Agus K. peraih medali perunggu beregu dari cabor catur. (hla/don)