Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2020-12-03 18:50:15

Peringati Hari Disabilitas Internasional, Penyandang Disabilitas Berharap Perda

BERHARAP PERDA: Sejumlah penyandang disabilitas di Kota Probolinggo mendatangi kantor DPRD Kota Probolinggo dalam peringatan HDI, dan berharap ada Peraturan Daerah (Perda) khusus yang mengatur kalangan disabilitas.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Tanggal 3 Desember merupakan Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI). Untuk memperingati HDI tahun 2020, penyandang disabilitas Kota Probolinggo menggelar kegiatan mengunjungi kantor DPRD Kota Probolinggo sambil berbagi bunga.

Bagi-bagi bunga itu digelar di Jalan Suroyo, Kota Probolinggo, tepatnya di depan Gedung DPRD Kota Probolinggo, Kamis (3/12/2020).

Baca Juga : Peringati Hari Disabilitas, Puluhan Difabel di Jember Dilatih Safety Riding

Kegiatan peringatan HDI tahun ini tentu berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya peringatan HDI di Probolinggo digelar meriah karena dilaksanakan secara nasional, namun di tengah pandemi Covid-19 saat ini perayaan HDI diselenggarakan secara sederhana dengan membagi bunga kepada para pengendara yang melintas di jalan protokol tersebut.

Baca Juga : Ketika Puluhan Difabel Ikut Berlari Bersama Jember Runners

"Bagi bunga hanya di satu titik di sini saja ," terang Koordinator Komunitas Difabel Kota Probolinggo, Muhammad Ali Gofur.

Belasan penyandang disabilitas tersebut menggunakan kendaraan roda tiga saat mengunjungi kantor DPRD, karena keterbatasan fisik mereka. Ada yang penyandang tunanetra, patah kaki, dan lain sebagainya. Mereka terlihat berboncengan menuju lokasi kegiatan. Namun sayang, saat itu mereka belum dapat ditemui para anggota DPRD Kota Probolinggo.

Menurut Muhammad Ali Gofur, kedatangannya ke kantor dewan itu karena ingin mengkomunikasikan dan mendorong DPRD Kota Probolinggo untuk mewujudkan perda disabilitas. "Harapan kami, agar teman-teman disabilitas lebih sejahtera karena mendapat payung hukum dari perda tersebut," harapnya.

Sementara, Kabag Umum DPRD Kota Probolinggo, Mardi Suhartini mengaku telah menemui komunitas difabel tersebut. Tapi Ia menyarankan kepada mereka untuk terlebih dahulu bersurat ke kantor DPRD Kota Probolinggo.

"Surat itu nantinya untuk diagendakan hearing, karena saat ini anggota dewan sedang ke luar kota," pungkasnya.

Selain berbagi bunga dan mengunjungi Kantor DPRD Kota Probolinggo, mereka juga menyambangi Mapolres Probolinggo Kota. Tujuannya yakni, berkaitan dengan izin mengemudi motor bagi kalangan disabilitas. (hla/don)