Muhammad Musleh


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-04 21:51:13

Peringati Hari Jadi, Tanam 661 Selor di Wiroborang Probolinggo

POTENSI LOKAL: Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin bersama warga Wiroborang saat menanam sereh dan kelor di fasum jalan Srikandi, Kelurahan Wiroborang, Kota Probolinggo

PROBOLINGGO,TADATODAYS.COM - Beragam kegiatan unik dilakukan Pemkot Probolinggo untuk memeriahkan hari.Jadi Kota Probolinggo ke-661. Salah satunya penanamam serentak Sereh dan Kelor (Selor) di RW 03, Kelurahan Wiroborang Kota setempat, Jumat sore (04/09/2020).

Penanaman serentak tanaman khas lokal tersebut mendapat sambutan luar biasa warga sekitar. Mereka memadati area fasum di Jalan Srikandi yang dijadikan tempat penanaman Selor.

Baca Juga : Ratusan Goweser Ramaikan Gowes Wisata Lingkungan, di Kota Probolinggo

Ketua Proklin Selor RW 03, Kelurahan Wiroborang, Dani Eka Ferlandi mengatakan penanaman Selor melibatkan seluruh warga. Katanya, sereh dan kelor menjadi salah satu potensi lokal yang sudah dikembangkan di sana. "Bahkan, kita tahun ini mewakili Provinsi Jatim di tingkat Nasional untuk lomba Proklin Selor," katanya.

Baca Juga : Ratusan Goweser Ramaikan Gowes Wisata Lingkungan di Kota Probolinggo

Tidak hanya itu, warga mengembangkan produk Pokak dari dari sereh yang ditanam warga. "Nama merek pokak kami Garuda, dan sudah menjadi minuman khas disini," terangnya.

Soal penanaman, kedepan akan terus dikembangkan. "Hari ini kita menanam 330 sereh dan 331 kelor. Jika dijumlah menjadi 661 selor, sesuai hari lahir Kota Probolinggo," ucapnya.

Sementara itu, Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin hadir kompak bersama Wakilnya HM. Soufis Subri. Usai sambutan Wali Kota Probolinggo langsung melakukan penanaman bersama warga setempat. Mulai ketua RT, RW dan tokoh masyarakat.

Habib hadi Zainal Abidin mengatakan, penanaman selor merupakan potensi lokal yang harus dikembangkan.  "Hari ini kita menanam, tahun depan kita akan makan-makan olahan kelor ini di sini," katanya.

Untuk itu, Habib Hadi meminta masyarakat merawat dan mengembangkan Selor menjadi ciri khas warga Wiroborang. "Di sini menjadi percontohan, mudah-mudahan daerah lain bisa menirunya," lanjutnya.

Selain berbicara soal potensi Selor, Habib Hadi juga meminta maaf atas pembangunan Kota Probolinggo yang sempat terhenti karena wabah Virus Corona. Habib juga meminta masyarakat untuk bijak menggunakan media sosial. "Jangan melihat kekurangan saja, tapi keberhasilan juga harus di sampaikan," pungkasnya. (mm/hvn)