Muhammad Musleh


Wartawan Tadatodays.com | 2020-10-01 10:20:21

Peringati Hari Kesaktian Pancasila secara Virtual

VIRTUAL : Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Lumajang mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020, yang diselenggarakan secara virtual di Ruang Mahameru, Kantor Bupati Lumajang, Kamis (1/10/2020).

LUMAJANG, TADATODAYS.COM - Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Lumajang mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020, yang diselenggarakan secara virtual di Ruang Mahameru, Kantor Bupati Lumajang, Kamis (1/10/2020).

Ditemui usai mengikuti kegiatan tersebut, Agus Triyono mengatakan bahwa upacara peringatan hari kesaktian pancasila kali ini tidak dilakukan sebagaimana tahun sebelumnya, mengingat kondisi pandemi Covid-19.

Baca Juga : Ribuan Mahasiswa dan Buruh Kepung DPRD Lumajang

"Tahun ini, ini merupakan yang pertama kita lakukan bersama dengan Bapak Presiden secara virtual, kalau tahun kemarin masih normal upacara di lapangan secara terbuka, tahun ini karena situasi pandemi kita seluruh pejabat di Indonesia mengikuti upacara di jakarta," jelasnya.

Baca Juga : Lumajang Punya Alat Pendeteksi Dini Gempa dan Tsunami

Namun demikian, Agus Triyono berharap meskipun situasi pandemi yang saat ini terjadi mengharuskan seluruh masyarakat untuk patuh protokol kesehatan termasuk menjaga jarak, tidak menyurutkan semangat persatuan sebagaimana isi dari pancasila itu sendiri.

Sementara di Kabupaten Lumajang pendidikan pancasila telah dilakukan dengan pembinaan idelogi pancasila di masing-masing sekolah, kegiatan tersebut tetap dilaksanakan secara daring untuk memupuk kesadaran sebagai warga negara Indonesia agar cinta pancasila dan cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dirinya juga berharap dalam peringatan hari kesaktian pancasila, masyarakat Indonesia pada umumnya wajib hukumnya untuk hafal pancasila dan diterapkan kepada kehidupan sehari-hari.

"Prinsipnya kita harus hafal pancasila, kemudian sebagai tindaklanjutnya kita harus mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya. (mm/sp)